FMC Jaga Keselamatan Atlet

BANDUNG – Melalui program Football Medicine Course (FMC) 2018 atas prakarsa PT. Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, 16-17 Februari kemarin. Tim medis klub sepakbola profesional mendapat kesempatan untuk menambah wawasannya dalam hal menjaga keselamatan atlet.

Dokter tim Persib M. Raffi Ghani‎ dan fisioterapi Benidektus Adi Prianto ikut terlibat di dalam program tersebut bersama dengan para tim medis klub-klub peserta Go-Jek Traveloka Liga 1 dan Liga 2 lainnya. ”Iya, kemarin saya dan Beni izin tidak bisa mendampingi tim karena ikut pelatihan dari PT. Liga selama dua hari di Jakarta,” kata Rafi.

Disebutkan dia, untuk pesertanya memang tak hanya dari klub Liga 1 saja tetapi ada juga dari Liga 2. ”Pesertanya enggak hanya dari tim medis di klub Liga 1 saja tapi dari Liga 2 juga. Sebenarnya PT. LIB juga menggelar pelatihan buat perangkat pertandingan, bukan hanya tim medis,” tambahnya.

‎Rafi pun mengatakan, contoh-contoh kasus seperti serangan jantung terhadap pesepakbola saat ini masih sering terjadi. Contoh kasus itu pun menjadi salah satu bahasan utama dalam kursus di bawah instruktur Dato dr. Gurcharan Singh dari AFC.

“Untuk tim medis, bahasannya cukup banyak, seperti pertolongan‎ pertama bagi atlet yang mendapat cardiac arrest. Sampai sekarang kasus itu masih banyak terjadi kepada atlet.”

“Sekarang ini sudah diberlakukan bahwa klub harus memiliki suatu alat khusus yang disiapkan pada saat latihan atau pun pertandingan untuk memberikan pertolongan pertama terhadap pemain yang mengalami hal seperti itu,” bebernya.

Selain serangan jantung, para peserta juga mendapat banyak pembekalan soal benturan antar pemain, contoh kasusnya seperti yang menimpa almarhum Choirul Huda, prosedur latihan di tempat dengan cuaca ekstrim hinggal perihal tes dopping.

Saat Rafi absen, posisi fisioterapis tim dipercayakan pada anak buahnya Wendy Ariyanto.  ”Ya, kebetulan saya juga kerja sebagai fisioterapis-nya di klinik punya Beni. Sebelumnya saya juga intens menangani pemain Persib, seperti Kim (Jeffrey Kurniawan), Victor (Igbonefo) dan In-Kyun sekali,” kata pria berkacamata tersebut.

Tinggalkan Balasan