Era Digital Bikin Tantangan Baru

LEMBANG – Hadapi era di­gital dengan serbuan infor­masi saat ini, menjadikan peran sekolah harus lebih kreatif, inovatif, dan komunikatif.

Karena itu Kepala Dinas Pendidikan, Ahmad Hadadi, berharap guru saat ini dituntut untuk lebih kreatif dalam me­nyampaikan pelajaran, infor­masi kepada anak didiknya.

”Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 ini dituntut untuk melek IT. Hal ini juga terma­suk di dunia pendidikan. Sa­lah satunya dalam menyiap­kan bahan ajar yang harus berbasis IT. Dengan begitu bahan ajar tidak monoton,” kata Hadadi seperti dilansir laman resmi Disdik Jabar, kemarin (8/11).

Sejalan dengan hal itu, Dinas Pendidikan Jawa Barat meng­gelar pelatihan bagi guru SMA, SMK, dan SLB berupa Workshop Penyusunan Infografis bagi Guru SMA, SMK, dan SLB. Pe­latihan digelar mulai dari Selasa 7 November 2018 hingga Jumat 9 November 2018 di Hotel Grand Hani, Jl. Raya Lembang, Kabu­paten Bandung Barat.

Pelatihan kali ini diikuti oleh 216 guru SMA, SMK, dan SLB diantaranya dari Cirebon, Ku­ningan, Sukabumi. Pelatihan dibagi menjadi 4 angkatan dengan materi pelatihan bera­gam disesuaikan kebutuhan tenaga pendidik saat ini.

Peserta workshop Lili Soliha dari SMAN 6 Kota Cirebon mengaku teknologi infor­masi mejadi tantangan juga bagi guru untuk terus meng-upgrade ilmunya. ”Akan te­tapi di satu sisi, jika kita (guru-red) sudah memiliki kemampuan untuk mengap­likasikan teknologi informa­si tersebut, maka akan mem­permudah proses pembela­jaran dan pengajaran kepada anak didik,” ujar Lili.

”Seperti serakang saya sedang workshop, saya titip murid ke guru piket, tapi saya membe­rikan tugas ke siswa dari sini saja melalui email atau whats app. Jadi sebenernya memu­dahkan kita sebagai guru. Guru berperan sebagai fasi­litator kepada anak dengan materi pembelajaran melalui audio video, infografis atau lainnya,” ucapnya.

Kegiatan belajar secara di­gital juga akan memudahkan pemahaman kepada siswa karena komunikasi atau penyampaian pelajaran pun disampaikan dengan lebih menarik, berwarna, dinamis, sehingga pelajaran yang rumit pun menjadi lebih mudah, katanya menambahkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan