Enam Keterampilan Guru dalam Menghadapi Abad 21

PENDIDIKAN merupakan hal yang sangat penting dalam menciptakan peradaban di suatu negara. Maju atau mundurnya negara ditentukan oleh kualitas pendidikan. Dalam perkembangannya, pendidikan senantiasa mengalami perubahan. Hal ini disebabkan seiring dengan semakin berubahnya zaman, yang ditandai dengan pesatnya kemajuan teknologi dan informasi.

Guru merupakan elemen terpenting dalam sebuah sistem pendidikan karena itu merupakan ujung tombak. Proses belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kualitas pengetahuan guru. Pernahkah kita sebagai guru membayangkan apa yang akan terjadi di abad 21?

Perkembangan pesat akan terus berlangsung, semisal perkembangan teknologi tidak akan bisa ditolak dan dihambat, perkembangan masyarakat sosial, perkembangan ekonomi dan perkembangan yang lainya. Pertanyaanya, kita sebagai guru, sudahkah menyiapakan peserta didiknya untuk mengahadapi era abad 21? Atau kita berjalan lurus seperti biasa menjalankan rutinitas?

Dalam pelatihan yang penulis ikuti di Jakarta. Ada 6 keterampilan inti yang wajib dikuasai oleh Kepala Sekolah, Guru dan Siswa dalam menghadapi abad 21.

Pertama, keterampilan berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah atau sering dikenal dengan critical thinking and problem solving. Keterampilan atau kemampuan guru untuk menciptakan anak berpikir kritis. Maksudnya berpikir kritis adalah mengaplikasikan rasional, kegiatan berpikir yang tinggi, yang meliputi kegiatan menganalisis, mensintesis, mengenai permasalahan dan pemecahannya, menyimpulkan seran mengevaluasi. Atau secara singkatnya berpikir untuk menyelesaikan masalah dengan tujuan untuk menjadi lebih baik.

Kedua, keterampilan bekerjasama dan berkomunikasi dengan baik atau sering dikenal dengan collaboration and communication. Keterampilan ini merupakan keterampilan dalam hal bekerjasama dan komunikasi yang baik. Maksud dari komunikasi disini adalah kita mampu berinteraksi dengan seluruh manusia yang ada di dunia ini, karena Abad 21 tidak ada lagi sekat negara yang memisahkan. Jadi, setiap siswa harus mampu berbahasa Internasional dalam menghadapai Abad 21.

Ketiga, Keterampilan berpikir kreatif dan mengembangkan imajinasi atau sering dikenal dengan creativity and imagination. Guru harus bisa memancing siswa untuk berpikir kreatif dalam segala bidang yang ada di dunia pendidikan. Setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, guru harus mampu menumbuhkan setiap kreatifitas semua siswa. Yang mempunyai kreatifitas dan Imaginasi tinggilah yang akan sukses dan menguasai dunia saat ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan