Elin Tebar Janji ke Petani Kopi

NGAMPRAH- Calon Bupati Bandung Barat Elin Suharliah berjanji akan membantu memasarkan kopi asli Kabupaten Bandung Barat hingga ke tingkat Internasional. Hal itu diutarakan Elin saat bertemu dengan puluhan petani kopi di Desa Pasirhalang Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, kemarin. Dalam kesempatan itu, hadir pula para petani perwakilan dari Kecamatan Lembang, Parongpong dan Cikalongwetan.

“Bila saya terpilih dan mendapatkan amanah dari masyarakat untuk memimpin Kabupaten Bandung Barat, ke depan saya siap membantu untuk memasarkan kopi hasil dari para petani Bandung Barat. Salah satunya dengan menyelenggarakan festival kopi Cermat dan mengikutsertakan para petani kopi pada sebuah festival baik di tingkat provinsi, nasional dan internasional,” kata Elin yang berpasangan dengan Calon Wakil Bupati Bandung Barat Maman S Sunjaya.

Menurut Elin, kopi Kabupaten Bandung Barat tidak kalah hebatnya dengan daerah lainnya di Indonesia. Terbukti, banyak hasil dari petani Bandung Barat ini dikirim ke beberapa wilayah serta ikut dalam berbagai even. “Tinggal kita dorong agar kopi-kopi asli Bandung Barat ini lebih mudah dalam memasarkan serta keberpihakan atau keuntungan bagi petani lebih dimaksimalkan,” kata Elin yang mendapatkan nomor urut satu dengan partai pengusung koalisi PDIP, PKB dan PPP.

Selain persoalan memasarkan kopi, Elin juga berjanji akan membantu untuk membuat tempat pengolahan kopi dari hulu sampai hilir berupa UPTD Kopi Kabupaten Bandung Barat. Dengan cara itu, para petani tidak lagi rugi dengan hanya menjual buah ceri kopi, namun hingga kopi kemasan yang keuntungannya bisa dirasakan lebih besar oleh para petani. “Termasuk saya juga akan memberikan pelatihan kepada para petani serta pelatihan bagi para barista muda agar ke depan bisa jauh lebih baik dalam mengembangkan bisnis kopi tersebut,” ujar Elin yang juga menyempatkan menanam pohon kopi arabica dan mencoba citarasa kopi asli Bandung Barat.

Sementara itu, Perwakilan Petani Kopi dari Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang, Apep menyambut baik rencana yang akan dilakukan Elin bagi para petani jika terpilih menjadi seorang bupati. “Dengan rencana yang disampaikan ibu Elin saya sangat senang karena berpihak kepada para petani. Apalagi sudah punya niat untuk membantu memasarkan kopi hingga mendunia atau ke tingkat internasional. Saya juga mendorong, kesejahteraan para petani benar-benar bisa dirasakan,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan