Eksploitasi Potensi Pemain Muda

BANDUNG – Kesuksesan Persib Bandung di kompetisi Liga I 2018 tak lepas dari  polesan tangan dingin Pelatih Asal Argentina, Roberto Carlos Mario Gomez. Betapa tidak, pelatih berusia 61 tahun ini dinilai mampu mengeksploitasi potensi pemain-pemain muda Persib saat ini.

Ardi Idrus, Agung Mulyadi, dan Indra Mustaffa adalah diantara para pemain muda yang mampu berkontribusi besar bagi permainan Persib musim ini. Alhasil, Persib pun hingga kini masih bertengger di puncak klasemen sementara Liga 1.

Gomez menuturkan, ketiga pemain itu memiliki potensi besar menjadi pemain hebat. Menurut catatan, selama berlangsungnya Liga I, ketiga pemain itu masing-masing telah mencatatkan waktu bermain cukup lama untuk catatan pemain muda.

Di antaranya, Ardi Idrus dengan mencatatkan waktu 1618 menit bermain, Indra Mustaffa 496 menit, dan Agung Mulyadi 487 menit. Gomez pun mengaku senang bisa bekerja sama dengan pemain muda. Terlebih pemain muda andalannya membantu tim sampai saat ini berada di puncak klasemen.

“Saya juga senang (bekerja dengan pemain muda), karena bukan hanya kita terus berkembang dan selalu ingin menang, tapi karena beberapa pemain muda bisa bermain (di level tertinggi kompetisi),” papar Gomez belum lama ini.

Pemilihan pemain muda itu diakui Gomez bukan tanpa alasan. Ia mengaku lebih memilih pemain muda yang berkarakter. Dan semua pemain muda yang ada di tubuh timnya, memiliki karakter yang diinginkannya.

“Sekarang kita bisa memasang mereka karena sudah punya karakter untuk bermain di sini,” lanjutnya.

Namun demikian, untuk mencetak pemain handal dibutuhkan proses. Itulah yang menjadi alasannya untuk selalu memberikan kesempatan bermain bagi pemain mudanya, sehingga bisa menjadi andalan klub maupun Timnas.

“Memang butuh waktu, mungkin satu pemain bermain bagus dan yang lainnya bermain buruk, itu normal untuk pemain muda. Tapi Kami mulai bisa memainkan mereka,” bebernya.

Gomez sendiri saat ini tengah memantau Persib U-19 yang kini di bawah arahan pelatih Budiman. Ia juga memanggil tiga pemain dari tim U-19 yakni Beckham Putera Nugraha, Ilham Qolba, dan Mario Jardel ke skuatnya untuk memainkan partai 128 besar Piala Indonesia. (asp/azu)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan