Dukung Program Kerja Citarum Harum

BANDUNG – Kuliah Kerja Lapangan Mahasiswa Unla (KKNM-Unla) dimulai sejak 6 Agustus 2018 hingga 8 September 2018 mendatang. Si Kecamatan Kiaracondong, Subsektor 05 Sektor 22 Citarum Harum.

Kelompok 22 memiliki program kerja yang akan dilaksanakannya secara efektif dan efisien. Program kerja yang diusung berdasarkan kebutuhan masyarakat dan daerah setempat serta mendukung program kerja kecamatan dan subsektor 05 “Citarum Harum”.

Untuk memperkenalkan program kerjanya, Kelompok 22 menggelar Lokakarya yang dilaksanakan pada Kamis (9/8) lalu di Aula Kecamatan Kiaracondong.

Acara tersebut dihadiri Dosen Pembimbing Lapangan Dr Siti Rosimah, ST.MT., seluruh peserta KKNM kelompok 22 serta unsur Muspika dan masyarakat setempat.

Adapun program unggulan yang dipaparkan, diantaranya:

Desain Taman Tematik Bantaran Sungai Cidurian Area Jembatan Depan Lucky Square Jalan Terusan Jakarta.

Program tersebut digagas berdasarkan informasi dari arsitektur Kecamatan Kiaracondong yang sedang mengembangkan program seribu taman.

Penanggung jawab program Anggi Kurnia Nurul Laksana NPM: 41155020150034 dari Teknik Sipil.

Desain dan Pilot Project Jaring Sampah di sungai

Pemasangan jaring di sungai jadi salah satu program pemerintah Kota Bandung guna menahan sampah yang terbawa oleh aliran air sungai yang dapat mengakibatkan tercemarnya sungai. Upaya ini diharapkan untuk mendukung dan mewujudkan program Citarum Harum. Namun dalam program pemasangan jaring ini, masih terkendala saat debit banjir terjadi yaitu jaring terbawa hanyut oleh aliran banjir sungai. Dengan itu, munculah sebuah pemikiran desain pemasangan jaring guna mencegah permasalahan tersebut.

Penanggung jawab: Armiati Ulfah, NPM: 41155020150016 dari Teknik Sipil.

Septic Tank Komunal dengan Teknologi Bio Ceramic

Septic Tank, suatu kolam atau bak bersekat-sekat sehingga terbagi-bagi dalam beberapa ruang. Biasanya terdapat di bawah tanah, dan merupakan tempat pembuangan air kotoran yang dibuat dari tangki. Dibuat dengan bahan yang kedap air, sehingga air tidak dapat meresap ke tanah.

Fungsi septic tank, sebagai penampungan air limbah & proses penghancuran kotoran-kotoran yang masuk, air limbah ini akan mengalir ke rembesan/sumur peresapan yang jaraknya tidak jauh dari septictank, begitu juga penempatan septic tank tidak terlalu jauh dari WC (water closet).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan