DPR Setuju CPNS Selfie Pegang KTP

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi II DPR-RI Ahmad Riza Patria mendukung penuh kebijakan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang menginstruksikan peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melakukan foto selfie sambil memegang identitas asli. Baik berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Id Card peserta tes.

Menurut Riza Patria, langkah tersebut merupakan upaya yang baik agar proses seleksi CPNS nanti terhindar dari jasa ‘Joki’ atau jasa pergantian peserta tes dengan menggunakan jasa orang lain untuk mengikuti tes seleksi.

”Saya kira itu upaya bagus ya. Kita tidak ingin ada CPNS yang joki dan sebagainya. Saya kira itu salah satu cara agar tes tidak menggunakan joki. Sangat bagus kita mendukung berbagai upaya dilakukan oleh Menpan-RB. Apalagi BKN dalam rangka melakukan rekrutmen dan seleksi yang transparan dan jujur,” kata Riza kepada Fajar Indonesia Network (FIN) di Gedung Nusantara III DPR RI, kemarin (21/9).

Menurut politisi Partai Gerindra ini, langkah Komisi II DPR-RI dalam mengantisipasi masalah terjadinya Joki atau Calo dalam perekrutan CPNS ini sudah dikomunikasikan dengan Pemerintah beberapa hari lalu.

”Kami baru saja rapat beberapa hari kemarin, dan semua kita usahakan agar tidak ada joki dalam seleksi CPNS,” paparnya.Diketahui, alasan panitia penyelenggaraan seleksi CPNS (BKN, Red) mengharuskan peserta seleksi CPNS melakukan foto selfie dengan memegang identitasnya sebelum berlangsungnya tes. Ini dilakuan untuk menghindari terjadinya praktik joki. (rba/fin/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan