Dovizioso Menangkan Balapan ‘Horor’ di Valencia

VALENCIA – Andrea Dovizioso berhasil membuktikan kehebatannya sebagai ‘Rain Master’ pada GP Valencia, Minggu (18/11) malam. Bertempat di Sirkuit Ricardo Tormo, Dovizioso merajai balapan di atas lintasan basah.

Menjadi seri terakhir di MotoGP 2018 membuat lomba kali ini berjalan lebih panas dari biasanya. Bahkan dengan kondisi lintasan basah, tidak membuat semua pembalap mengendorkan tarikan gasnya.

Namun sayang, seiring berjalannya waktu para pembalap banyak yang berguguran. Mereka semua tidak kuasa menahan licinnya Sirkuit Ricardo Tormo.

Pada lap kesembilan, Marc Marquez terjatuh dan keluar dari persaingan. Hal serupa dialami Maverick Vinales yang terpelanting di tikungan ke-13.

Kondisi lintasan yang membahayakan membuat Race Direction menghentikan jalannya perlombaan di lap ke-13. Panitia berusaha memperbaiki situasi dengan mengurangi debit air di Sirkuit Ricardo Tormo.

Berselang beberapa menit, balapan dimulai kembali dengan starting grid sesuai urutan pembalap di lap ke-13. Posisi pertama ditempati oleh Alex Rins, kedua Dovizioso, dan ketiga Valentino Rossi.

Persaingan antara dua pabrikan Jepang melawan satu pabrikan Italia tidak terelakkan lagi. Ketiga pembalap itu langsung meluncur mengisi posisi tiga terdepan

Melalui manuver cantik, Rossi berhasil melewati Alex Rins di area tikungan. Duel antara Yamaha dan Ducati tampaknya akan terulang kembali di seri kali ini.

Namun keberuntungan tidak memihak Valentino Rossi. Tepat ketika balapan tersisa lima lap, dia justru mengalami kecelakaan. Alhasil Alex Rins langsung tancap gas untuk merebut posisi kedua. Hal tersebut juga dimanfaatkan oleh Pol Espargaro untuk naik ke posisi ketiga.

Dengan jarak yang makin menjauh, Dovizioso berhasil mengunci kemenangan di GP Valencia 2018. Demikian pula dengan Alex Rins dan Pol Espargaro yang mampu mengamankan jatah podium. (mat/JPC)

Berikut hasil lengkap GP Valencia 2018:
1. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP18) 24m 3.408s
2. Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR) 24m 6.158s +2.750s
3. Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory (RC16) 24m 10.814s +7.406s
4. Michele Pirro ITA Ducati Team (GP18) 24m 12.055s +8.647s
5. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 24m 16.759s +13.351s

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan