Dovizioso Gagalkan Ambisi 2 Pembalap Spanyol

ITALIA – Mengawali lomba di pole position, Jorge Lorenzo melakukan start dengan cukup sempurna. Pembalap Ducati ini melesat memimpin di depan pada awal balapan. Sayang, eks pembalap tim Yamaha Movistar ini gagal mempertahankan posisinya hingga akhir balapan.

Selama beberapa lap kemudian, Lorenzo ditempel ketat oleh Andrea Dovizioso dan Marc Marquez dalam kelompok barisan terdepan. Hingga akhirnya dia bisa disalip Dovi yang melakukan manuver tepat.

Pada 14 lap terakhir, posisi Lorenzo semakin melorot. Di tingkungan 14, Marquez menyalip Lorenzo dari sisi dalam. Lorenzo yang tak terima disalip Marquez langsung menempel ketat dalam beberapa lap kemudian.

Aksi saling salip pun terjadi setidaknya dalam 5 lap kemudian. Lorenzo yang sempat mengambil kembali posisi kedua beberapa kali didorong ke belakang oleh Marquez. Jarak keduanya tak pernah lebih dari 0,01 detik.

Di 9 lap tersisa, Lorenzo melakukan manuver brilian dan mampu mendahului Marquez. Persaingan antara keduanya membuat seri GP Misano menjadi menarik. Membuat para penonton dipaksa ‘melupakan’ perjuangan Dovizioso sebagai pembalap terdepan.

Dovi sendiri melesat di depan sendiri. Jarak Dovi dengan dua pembalap di belakangnya tetap terjaga sekitar 2 detik. Namun, selisih jarak Dovi cenderung semakin dekat saat balapan mendekati akhir.

Lorenzo yang berada di posisi kedua berhasil memangkas jarak dari 2 detik menjadi 1,3 detik pada 4 lap terakhir. Sementara Marquez seperti kehilangan gairah untuk kembali meraih peringkat kedua. Dia tampaknya memilih untuk menguntit Lorenzo tanpa melakukan manuver apik untuk menyalip rivalnya tersebut.

Sial bagi Lorenzo, upayanya untuk mengejar Dovizioso berujung petaka. Saat balap hanya menyisakan 2 lap lagi, dia justru terpeleset di tikungan 8. Strategi Marquez yang memilih sabar menunggu peluang berhasil dijalani tanpa harus bersusah payah. Posisi kedua sudah pasti diamankan Marquez. Sementara Lorenzo yang masih bisa kembali membalap terperosok jauh ke posisi 17.

Dovizioso akhirnya memastikan balapan di Sirkuit Misano tetap dimenangkan pembalap tuan rumah Italia. Marquez meraih posisi kedua. Sementara podium ketiga diraih pembalap Inggris, Cal Crutchlow.

“Kami menyiapkan balapan ini dengan sempurna. Saya sangat senang akhirnya bisa memenangkan balapan di Misano. Ini kemenangan pertama saya di Misano,” ungkap Dovizioso di akhir balapan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan