Donor Darah Serentak di 4 Zona

BANDUNG – Dalam rang­ka hari jadi Kodiklatad ke – 24 dan Hari Juang Kartika (HJK) menggelar kegiatan Donor darah, secara serentak di Empat Lokasi.

Komandan Kodiklat Angka­tan Darat Letjen TNI AM. Putranto S.Sos mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian HUT Kodiklat ke 24 dan HJK.

Menurutnya, kegiatan ini terbagi menjadi 4 zona dian­tarannya untuk zona 1 wi­layah Bandung–Cimahi di­pusatkan di Mokodiklatad Bandung, Zona 2 wilayah Bogor-Jakarta dipusatkan di Pusdikintel Kota Batu, Ciomas Bogor, Zona 3 di Pusdikarha­nud Malang dan Zona 4 di Mako Puslatpur Baturaja Su­matera Selatan.

’’Untuk acara Donor Darah di Zona 2 Bogor-Jakarta yang dipusatkan di Pusdikintel Bogor Juga dihadiri oleh Ibu Ketua Persit Kartika Candra Kirana PG Kodiklatad,” jelas Putranto dalam rilis yang di­bacakan dalam sambutannya oleh Danpusdikintel Kodik­latad Kolonel Inf Dian Hardiana,S.I.P. kemarin. (5/12).

Dia mengatakan, donor darah adalah kegiatan penting yang berhubungan dengan rasa kemanusiaan. Sebab, secara filosofis darah adalah cairan yang terdiri atas plas­ma, sel-sel merah dan putih yang mengalir dalam pem­buluh darah.

Selain itu, darah memiliki fungsi sangat vital bagi tubuh manusia yaitu sebagai peng­angkut oksigen dan karbon­dioksida dari paru-paru ke sel-sel tubuh serta sebaliknya. Bahkan darah dapat bergan­ti dengan sendirinya jika sel-selnya rusak.

’’Jadi ketika seseorang men­galami kecelakaan atau keja­dian yang menyebabkan se­seorang kekurangan darah, nyawanya bisa saja terancam,” ucap Putranto.

Dia menilai, manfaat donor darah membuat tubuh sema­kin sehat karena tubuh akan terus memproduksi darah baru, kesehatan kita akan terpantau karena pada saat test skrining donor darah akan ketahuan kondisi tubuh kita sakit atau tidak.

’’Dengan jadi pendonor juga akan mendapatkan ke­puasan batin karena dapat menyelamatkan jiwa orang lain,”ucap dia.

Putranto menghimbau, acara donor darah ini sebagai bentuk partisipasi untuk men­gurangi beban masyarakat dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

’’Ayo semua jadilah pen­donor darah karena setetes darah yang kita donorkan jauh lebih berharga dari uang. Karena darahmu ada­lah penyambung nyawa orang lain,’’kata dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan