13

Donor Darah Serentak di 4 Zona

Dalam Rangka HUT Kodiklatad

BERBAGI UNTUK SESAMA: Pejabat militer dilingkungan Kodiklatad tengah melakukan donor darah dalam acara rangkaian HUT Kodiklatad ke 24 di Gedung Moh. Toha.

BANDUNG – Dalam rang­ka hari jadi Kodiklatad ke – 24 dan Hari Juang Kartika (HJK) menggelar kegiatan Donor darah, secara serentak di Empat Lokasi.

Komandan Kodiklat Angka­tan Darat Letjen TNI AM. Putranto S.Sos mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian HUT Kodiklat ke 24 dan HJK.

Menurutnya, kegiatan ini terbagi menjadi 4 zona dian­tarannya untuk zona 1 wi­layah Bandung–Cimahi di­pusatkan di Mokodiklatad Bandung, Zona 2 wilayah Bogor-Jakarta dipusatkan di Pusdikintel Kota Batu, Ciomas Bogor, Zona 3 di Pusdikarha­nud Malang dan Zona 4 di Mako Puslatpur Baturaja Su­matera Selatan.

’’Untuk acara Donor Darah di Zona 2 Bogor-Jakarta yang dipusatkan di Pusdikintel Bogor Juga dihadiri oleh Ibu Ketua Persit Kartika Candra Kirana PG Kodiklatad,” jelas Putranto dalam rilis yang di­bacakan dalam sambutannya oleh Danpusdikintel Kodik­latad Kolonel Inf Dian Hardiana,S.I.P. kemarin. (5/12).

Dia mengatakan, donor darah adalah kegiatan penting yang berhubungan dengan rasa kemanusiaan. Sebab, secara filosofis darah adalah cairan yang terdiri atas plas­ma, sel-sel merah dan putih yang mengalir dalam pem­buluh darah.

Selain itu, darah memiliki fungsi sangat vital bagi tubuh manusia yaitu sebagai peng­angkut oksigen dan karbon­dioksida dari paru-paru ke sel-sel tubuh serta sebaliknya. Bahkan darah dapat bergan­ti dengan sendirinya jika sel-selnya rusak.

’’Jadi ketika seseorang men­galami kecelakaan atau keja­dian yang menyebabkan se­seorang kekurangan darah, nyawanya bisa saja terancam,” ucap Putranto.

Dia menilai, manfaat donor darah membuat tubuh sema­kin sehat karena tubuh akan terus memproduksi darah baru, kesehatan kita akan terpantau karena pada saat test skrining donor darah akan ketahuan kondisi tubuh kita sakit atau tidak.

’’Dengan jadi pendonor juga akan mendapatkan ke­puasan batin karena dapat menyelamatkan jiwa orang lain,”ucap dia.

Putranto menghimbau, acara donor darah ini sebagai bentuk partisipasi untuk men­gurangi beban masyarakat dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

’’Ayo semua jadilah pen­donor darah karena setetes darah yang kita donorkan jauh lebih berharga dari uang. Karena darahmu ada­lah penyambung nyawa orang lain,’’kata dia.

Pada kesempatan tersebut, acara donor darah diikuti oleh personel Kodiklatad dan Seluruh satuan jajaran baik militer, PNS maupun Ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana.

Dari hasi donor darah, ter­kumpul sebanyak 533 kantong yang terdiri dari Zona 1. Bandung-Cimahi berjumlah 298 kantong, Zona 2. Bogor-Jakarta melibatkan 3 satuan yaitu Pusdikintel, Pusdikzi dan Pusdikkes berjumlah 82 kan­tong, Zona 3. Malang melibat­kan 3 satuan yaitu Poltekad, Pusdikarhanud dan Dohar­sista berjumlah 103 kantong dan Zona 4 Puslatpur berjum­lah 50 kantong. (pen/yan)

BAGIKAN
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.