Dongkrak Lagi Partisipasi Pemilih Pemula

SUKABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat bersama KPU Kabupaten Sukabumi bersama-sama terus mensosialisasikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018 kepada para pemilih pemula yang berumur sekitar 17-22 tahun. Upaya tersebut dilakukan salah satunya dengan menggelar tatap muka bersama mahasiswa dan organisasi masyarakat.

“Untuk pemilih pemula ini, kami bekerjasama dengan universitas dan Dinas Pendidikan di kabupaten/kota se-Jawa Barat. Kami terjun secara langsung dan tatap muka,” ujar Komisioner KPU Jabar Divisi Sosialisasi, Nina Yuningsih, ketika dihubungi Sukabumi Ekspres, kemarin (4/4).

Nina memahami akan potensi dari para pemilih pemula. Namun, ia tak menampikan juga kurangnya pendidikan politik dan pemahaman pentingnya pe­milihan kepala daerah seperti Pilgub terhadap para pemilih pemula.

“KPU dalam hal ini terus mensosialisasikan Pilgub Jabar 2018 kepada pemilih pemula, diantranya untuk menghindari praktik-praktik ilegal seperti politik uang,” jelasnya.

Lanjut Nina, pihaknya bersama KPU kabupaten/kota se-Jabar berkomitmen ingin menggenjot kembali ting­kat partisipasi pemilih di Pilgub Jabar 2018. Karena pada tahun sebelumnya, Nina mengulas tingkat partisipasi pemilih pemula tergolong rendah.

“Harus diakui memang sangat berat untuk menai­kan partisipasi. Kami berharap, pada tahun 2018 ini partisipasi pemilih pemula mengalami peningkatan,” tandasnya.(udi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan