Dokter Online

SIAPA pengguna webinar terbanyak di indonesia? Me­mang sulit menemukan pro­fesi apa yang paling banyak menggunakan aplikasi untuk seminar, rapat dan belajar jarak jauh ini. Belum ada lem­baga survei yang melakukan pencatatan.

Tapi, menurut data yang saya miliki, dokter merupakan profesional yang paling ba­nyak menggunakan webinar di Indonesia. Data ini berasal dari catatan saya selaku ope­rator webinar di Indonesia.

Setiap hari, saya mengelola dua studio webinar di Jakar­ta Pusat. Setiap tudio rata-rata menyiarkan webinar secara live sekali sehari. Berarti ada 40 kali webinar per bulan: Senin – Jumat. Atau 480 kali webinar setahun.

Selama 3 tahun, sudah lebih dari 1.000 kali webinar dila­kukan dari studio mungil berukuran 2,5 meter x 3 me­ter itu. Jumlah kelas online yang dikelola setiap kali we­binar bervariasi. Antara 10 – 20 kelas. Ambil rata-rata 15 kelas per sekali webinar. Berarti selama 3 tahun sudah me­layani 15 ribu kelas. Kalau setiap kelas ada 10 peserta, maka selama 3 tahun sudah ada 150 ribu orang yang mengikuti webinar.

Selain melalui studio, para dokter juga kerap menyelen­ggarakan webinar dari kampus fakultas kedokteran, aula ru­mah sakit dan ruang kon­vensi di hotel. Sata biasa melayani dengan frekuensi rata-rata 2 kali sebulan.

Webinar di luar studio dila­kukan karena bersamaan dengan penyelenggaraan seminar dengan jumlah pe­serta yang besar. Biasanya berkisar 100 orang per kelas.

Karena pentingnya seminar tersebut, para dokter di daerah lain diundang sebagai peserta. Agar para dokter tidak kehi­langan banyak waktu untuk melayani pasien, webinar men­jadi pilihan. Mereka mengikuti dari lokasi masing-masing melalui aplikasi online.

Kemunculan profesi dokter sebagai pengguna webinar terbanyak, terus terang sang­at mengejutkan. Dulu, saya memperkirakan pemakai webinar terbanyak adalah praktisi pemasaran. Prediksi ini saya asumsikan dari per­kembangan e-commerce yang demikian massif di Indonesia.

Apa alasan dokter mengik­uti webinar? Berdasarkan wawancara saya dengan para peserta, mayoritas menyata­kan webinar adalah solusi paling masuk akal untuk dok­ter di daerah. Webinar hadir di tengah keterbatasan te­naga dokter dan tuntutan menambah ilmu pengeta­huan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan