Diyakini Bertahan Hidup karena Ajaran Biksu Ekkapol

Saat 12 anak Moo Pa terjebak di gua, banyak orang menyalahkan Ekkapol Chantawong, asisten pelatih klub sepak bola Moo Pa. Namun, di balik proses penyelamatan anak-anak yang begitu dramatis, nama Ekkapol dianggap pahlawan. Berikut laporan wartawan Jawa Pos Ahmad Baidhowi dari Mae Sai, Thailand.

TANDA peringatan itu terpampang jelas di depan mulut Thum (Gua) Luang. Dilarang masuk saat musim monsoon (hujan badai). Di Thailand, monsoon adalah periode curah hujan yang sangat tinggi. Hampir setiap hari turun hujan lebat. Biasanya berlangsung Juni–Agustus.

Ekkapol (baca: Ekkapong), yang tumbuh besar di wilayah pegunungan Doi Nang Non tersebut, semestinya tahu peringatan tanda bahaya itu. Tapi, papan larangan tersebut tak kuasa meredam jiwa petualangan Ekkapol bersama 12 anggota klub sepak bolanya.

’’Mereka (Ekkapol dan anak-anak didiknya, Red) memang gemar bertualang di pegunungan. Kadang bersepeda, kadang berlari,’’ kata Tilek Jana, 14, murid kelas VIII di Prasitsart School, saat saya temui di sekolahnya Kamis lalu (12/7).

Enam di antara 12 anak yang terjebak di Thum Luang menimba ilmu di sekolah yang terletak 2 kilometer dari perbatasan Thailand dan Myanmar itu. Termasuk Duangphet Phromthep, 13, sang kapten dan striker Moo Pa.

Pantas saja kalau klub itu menyandang nama Moo Pa yang dalam bahasa Thailand berarti babi hutan liar. Orang Thailand mengiaskan Moo Pa sebagai klub yang ’’berbahaya dan menakutkan’’.

Dan, Thum Luang bukan tempat asing bagi anak-anak Moo Pa. Mereka beberapa kali berlatih di lapangan kecil di dekat gua yang panjangnya sekitar 10 kilometer itu. Seusai berlatih, Ekkapol terkadang mengajak anak-anak asuhnya mandi di air terjun sekitar gua. Pegunungan dengan kontur mirip gadis yang tengah berbaring tersebut memang memiliki banyak air terjun dan gua.

Beberapa kali anak-anak Moo Pa juga diajak masuk di Thum Luang. ’’Sampai ada yang menyebut Thum Luang adalah guanya Moo Pa,’’ kata Tilek.

Klub yang didirikan Nopparat Khantawong sebagai pelatih kepala pada 2015 itu memiliki akademi sepak bola usia di bawah 13 tahun (U-13), U-15, dan U-19. Salah satu ritual inaugurasi anggota klub itu adalah menjelajahi Thum Luang. Lalu, mengukir nama mereka di bebatuan dalam gua tersebut.

Tinggalkan Balasan