Disparbud Akan Benahi Infrastruktur Wisata

NGAMPRAH– Untuk mengembangkan potensi objek wisata di Kabupaten Bandung Barat, tahun ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) mendorong aksesibilitas atau infrastruktur menuju daerah-daerah wisata supaya memadai. Dengan begitu, pengembangan wisata di sejumlah daerah tersebut bisa lebih maju. Demikian diungkapkan Kasie Pengelolaan Destinasi Parwisata pada Disparbud Kabupaten Bandung Barat, David Oot kepada wartawan di Ngamprah, kemarin.

Menurut dia, aksesibilitas yang baik menjadi unsur penting dalam memajukan pariwisata. Menurutnya, dengan didukung infrastruktur yang baik diyakini itu bisa menarik minat wisatawan. “Justru nomor satu ini soal infrastrukturnya. Baru fasilitas di dalam wisata yang diperbaiki, karena pengunjung itu biasanya memikirkan akses jalan dulu,” katanya.

Saat ini pariwisata di Kabupaten Bandung Barat menjadi salah satu poin penting bagi pembangunan ekonomi masyarakat serta sumber pendapatan bagi kas daerah. Hal ini tak terlepas dari adanya beberapa wahana wisata favorit seperti Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkubanparahu, The Lodge Maribaya, Farm House Susu Lembang, Floating Market dan sejumlah objek wisata lainnya,

Sementara saat ini, Pemkab Bandung Barat tengah fokus agenda pada mengembangkan desa wisata yang ada di 16 Kecamatan. David mengakui, dalam membangun sektor pariwisata di KBB dibutuhkan realiasi pembenahan infrastruktur yang memadai.

Diapun mengakui, bahwa pembangunan infrastruktur untuk aksesibilitas ini sudah menjadi tugas pemerintah daerah.”Pembenahan mungkin itu bisa dilakukan secara bertahap. Memang tidak mudah, tapi kita optimis seiring dengan majunya pariwisata di KBB seperti sekarang, itu juga akan diikuti oleh kemajuan yang lainya,” katanya.

Lebih lanjut David menjelaskan, selain infrastruktur, untuk memajukan objek wisata di daerah, saat ini dibutuhkan juga faktor pendukung sarana penunjang lain. “Di antaranya amenitas, aktrasi hingga dukungan SDM. Termasuk di dalamnya harus didukung dengan anggaran yang memadai agar pengembangan wisata bisa seperti Bali,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan