Diskominfoarpus Gelar Pameran Foto Heritage

CIMAHI- Untuk memperkaya kearsipan di Kota Cimahi, Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi mengadakan seminar dan pameran foto di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Senin (2/7).

Dalam kegiatan yang bertema Cimahi dalam sudut Pandang Media tersebut, sejumlah foto tentang bangunan heritage zaman dulu dan zaman sekarang dipamerkan di gedung B Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi. Diskominfoarpus juga mengundang Redaktur foto Harian Umum Pikiran Rakyat Harry Surjana dan Ketua Tjimahi Heritage, Machmud Mubarok sebagai pemateri.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Mochammad Ronny, mengatakan, kegiatan tersebut digelar terkait kearsipan untuk mengingtakan masyarakat bahwa arsip yang bersifat foto di Cimahi sangat terbatas.

“Dengan kegiatan ini arsip yang bersifat foto ataupun video dan audio bisa digali lagi, sehingga bisa memperkaya khasanah kearsipan di Kota Cimahi,” ujarnya disela kegiatan, Senin (2/7).

Menurut Roni, arsip tentang Kota Cimahi saat ini masih bisa dikumpulkan sepanjang sumber-sumbernya masih bisa dipertanggung jawabkan dengan baik. Sumber-sumber arsip tersebut, diantaranya bisa digali dari penggiat-penggiat sejarah yang ada di Kota Cimahi.

“Tentu saja harus disertai dengan bukti-bukti otentik, saya kira ini bisa dijadikan untuk memperkaya arsip di Kota Cimahi,” ujarnya.

Ronny mengatakan, foto-foto tersebut akan dipajang di gedung B Pemkot Cimahi untuk memperkenalkan Cimahi jaman dulu dan Cimahi jaman sekarang kepada Aparatur Sipil Negara ASN Pemkot Cimahi.

“Agar masyarakat dan pegawai bisa tahu ternyata pembangunan dan perkembangan Kota Cimahi ini memang luar biasa,” katanya.

Ditempat sama, Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna mengapresiasi kegiatan tersebut, Dia berharap kegiatan ini maka bisa tetap digelar untuk melestarikan keberadaan Heritage di Cimahi.

“Bangun-bangunan heritage ini tidak boleh hilang dan harus dipelihara dengan baik. Memang tidak mudah memelihara bangunan tua ini sehingga harus tetap digunakan,” katanya.

Ajay pun mengaku kecewa dengan adanya bangunan hertage di Kota Cimahi yang saat ini telah dibongkar dan tidak mempertahankan bentuk awal bangunan heritage tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan