Dishub Rutin Gelar Ram Cek Jelang Mudik

NGAMPRAH– Untuk menekan angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Bandung Barat, khususnya menyambut mudik lebaran nanti, Dinas Perhubungan akan rutin menggelar ram cek ke sejumlah kendaraan angkutan umum terutama di wilayah Lembang yang kerap dikunjungi para wisatawan untuk berlibur serta di wilayah Padalarang sebagai jalur yang dilintasi pemudik. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan KBB Ade Komarudin didampingi Kabid Teknik dan Prasarana, A Fauzan di Ngamprah, baru-baru ini.

Menurut dia, ram cek perlu dilakukan agar menghindari kecelakaan terutama kendaraan umum yang membawa penumpang banyak. Dia mencontohkan, tragedi maut yang terjadi di tanjakan emen Subang beberapa waktu lalu merupakan bus yang sebelumnya berlibur di Lembang. Diketahui bus tersebut sudah mengalami kerusakan pada rem yang justru dipaksakan untuk maju oleh sopir. “Akibatnya kecelakaan terjadi dan menewaskan para penumpang. Kami tidak ingin ada kasus seperti itu lagi,” ujarnya.

Ade menjelaskan, dalam melakukan ram cek akan mengikuti jadwal Dishub Provinsi Jawa Barat. Biasanya ram cek dilakukan di Lembang. “Kita lakukan jadwal bersama provinsi untuk ram cek seperti dalam menghadapi libur panjang dan libur hari besar. Sasaran ram cek seperti bus pariwisata, travel dan angkutan umum lainnya. Kami juga meminta kesadaran pengemudi untuk tetap mengikti aturan lalu lintas,” terangnya.

Ade menambahkan, keselamatan dalam berkendara menjadi hal utama. Selanjutnya kenyamanan bagi penumpang. Dengan begitu, angka kecelakaan bisa menurun bila sopir dan kendaraan sama-sama bisa dalam kondisi baik. Selain ram cek, lanjut dia, pihaknya juga bakal memberikan identitas khusus bagi angkutan umum di Kabupaten Bandung Barat.

“Kami secara bertahap memberikan identitas khusus bagi para angkutan umum berupa seragam. Dengan begitu akan lebih memudahkan kami dalam memantau setiap angkutan umum. Selain itu, pembinaan juga akan diberikan kepada pengemudi ojeg. Karena saat ini yang tercatat di kami saja ada sekitar 1.500 ojeg. Bahkan angkanya bisa lebih dari itu,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan