Dishub Amankan Jalur Mudik

NGAMPRAH– Kondisi lalu lintas di sekitar Padalarang Kabupaten Bandung Barat masih terpantau ramai lancar. Itu terlihat dari pintu keluar Tol Padalarang menuju Cipapat maupun sebaliknya. “Alhamdulillah masih lancar dan tidak macet walaupun sekarang sudah mulai mudik,” kata salah seorang pengendara, Andri Nurdin,35, ditemui di Padalarang, kemarin.

Dirinya yang akan mudik menuju Cianjur menggunakan jalan Padalarang lantaran lebih dekat dari arah Bandung. Akses jalan keluar tol Padalarang tampak ramai dan diprediksi kepadatan kendaraan terjadi pada hari Minggu. “Mumpung belum padat, mending sekarang saja mudiknya. Karena kalau pekan depan pasti sudah macet parah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat Ade Komarudin menyebutkan, wilayah Padalarang dan Lembang menjadi perhatian pemerintah dalam mengamankan mudik lebaran. “Untuk mudik menjelang lebaran memang diprediksi ramainya di Padalarang. Sementara, pada libur idulfitri nanti bakal ramai di wilayah Lembang,” ungkapnya.

Ade menambahkan, akan menurunkan 135 personel, semua petugas akan mengamankan jalur mudik karena Bandung Barat merupakan wilayah lintasan mudik baik dari arah Bandung maupun sebaliknya. “Termasuk banyak juga pengendara dari Bandung menuju Subang melalui jalur Lembang. Karena memang tidak macet sehingga banya yang melalui jalur ini. Begitu juga jalur Padalarang, karena wilayah kita merupakan lintasan mudik” katanya.

Selain itu, pihaknya juga bakal meningkatkan pemantauan di sejumlah jalur alternatif di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Ade menjelaskan, jalur alternatif pada saat mudik dan libur Lebaran kerap mengalami kemacetan terutama jalur yang akan menuju Lembang. Beberapa jalur alternatif seperti Jalan Maribaya-Cibodas, Jalan Cihideung-Terusan Sersan Bajuri dekat dengan beberapa objek wisata menjadi perhatian petugas di lapangan. “Terutama saat libur Lebaran semua akan tertuju liburan di Lembang,” ungkapnya.

Di Bandung Barat, ada enam jalur alternatif yang bisa digunakan untuk menghindari kemacetan di jalur utama. Pertama, kendaraan di jalur tengah bisa mengambil rute dari Pintu Tol Padalarang/Batujajar-Kota Baru Parahyangan-Jalan. GA Manulang-Cipatat-Cianjur. Ini untuk menghindari kemacetan di Jalan Bandung-Cianjur.

Kedua, dari arah Purwakarta menuju Lembang/Subang, bisa mengambil Jalan Raya Purwakarta-Jalan Stasion-Underpass Padalarang-Cisarua-Parongpong-Lembang-Subang. Jalur ini untuk menghindari kemacetan di Jalan Tol Purbaleunyi. Sementara dari arah Subang/Lembang menuju Bandung, ada empat jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di jalur utama Jalan Bandung-Lembang. Pertama, melalui Jalan Maribaya-Jalan Mekarwangi-Dago Bandung. Kedua, melalui Jalan Cijeruk-Ciumbuleuit-Bandung. Selanjutnya, juga bisa melalui Jalan Sersan Bajuri-Ledeng-Bandung dan terakhir bisa melalui Parongpong-Jalan Cihanjuang-Cimahi-Bandung. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan