Disdagin Siapkan 5 Program Unggulan

BANDUNG – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung menyiapkan sedikitnya lima program unggulan dalam rangka menunjang kinerja 100 hari kerja Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Program kegiatan sudah dijadwalkan hingga Desember 2018 mendatang.

Kepala Disdagin Kota Bandung Eric M. Atthauric mengatakan, pihaknya sudah menjadwalkan secara matang kelima program unggulan tersebut. Eric memaparkan, pertama program pengembangan e-commerce dengan kegiatan berupa market place Little Bandung yang dijadwalkan pada September dan selanjutnya.

“Market place ini untuk para pelaku usaha di Kota Bandung yang merupakan bentuk kerja sama Pemerintah Kota Bandung dengan pihak swasta,” kata Eric dalam rilis yang diterima Jabar Ekspres.

PAMERKAN PRODUK UNGGULAN IKM: Pameran produk unggulan khas daerah 2018 di Cihampelas Walk Bandung. Disdagin Kota Bandung mengirimkan 4 IKM yang menampilkan produk batik dan tenun, aksesoris, tas kulit, dan sepatu. Acara diikuti pelaku usaha dari 15 perwakilan kabupaten/kota se-Indonesia.

Kedua, program bazar murah atau pasar murah dengan kegiatan pemantauan harga kebutuhan pokok yang dijadwalkan pada November hingga Desember 2018. “Pemantauan ini ditujukan untuk penjualan komoditi barang kebutuhan pokok masyarakat,” paparnya.

Ketiga, program promosi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan kegiatan fasilitasi permodalan dan sarana perdagangan yang dilaksanakan pada Oktober 2018. Tujuan dari kegiatan ini yakni pengembangan dan pemberdayaan perdagangan pasar rakyat yang kegiatannya on the spot di Pasar Gede Bage.

Bentuk kegiatan lainnya dalam mempromosikan UKM dengan kegiatan pameran dalam negeri yang dilaksanakan pada Oktober 2018 ini. Kegiatannya berupa pameran dalam negeri untuk pelaku usaha.

“Lalu ada kegiatan temu bisnis season 4 yang dilaksanakan September ini. Kegiatan berupa business matching (temu bisnis) keempat antara pelaku usaha dengan pihak toko modern di wilayah Kota Bandung,” tuturnya.

Kegiatan lainnya berupa Bandung Tourism Craft and Investment yang dijadwalkan dilaksanakan pada Oktober 2018. Kegiatannya ada pada bidang Sumber Daya dan Promosi Industri. Masih dalam promosi UKM, kata dia, dilaksanakan juga kegiatan Pelangi Nusantara yang dijadwalkan digelar pada November hingga Desember 2018.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan