Dikurung Maung Murung

BANDUNG – Persib Bandung tak berkutik di babak ke-dua, saat melawan PS Tira pada laga Go-Jek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), kemarin (26/3).

Catatan statoskop, ball possession Maung Bandung jauh dibandingkan tim tamu, PS Tira. Tercatat tuan rumah hanya 36 persen dan 64 persen tim tamu. Begitu pun dari segi akurasi umpan, tuan rumah hanya mengoleksi 69 persen, dan tim lawan 79 persen. Melihat statistik itu, performa asuhan Roberto Carlos Mario Gomez pada laga perdana tersebut terlihat buruk.

Performa itu membuat kiper Persib Bandung I Made Wirawan, berjibaku keras menyelamatkan bola yang terus memborbadir gawang Maung Bandung. Padahal, pada babak pertama Maung Bandung bermain lepas. Beberapa peluang kerap terjadi, dan Persib terus mengurung tim lawan.

Persib membuka keunggulan lewat sontekan Ezechiel N’Douassel pada menit ke-32. Striker Timnas Chad ini memanfaatkan kesalahan pemain belakang PS Tira dalam mengamankan bola. Keunggulan ini masih bertahan saat wasit Mustafa Umarella meniup peluit tanda babak pertama berakhir.

Tertinggal 0-1 membuat skuad PS Tira langsung menerapkan strategi berbeda di babak kedua. Pelatih Rudy Eka tampaknya menginstruksikan para pemainnya untuk tampil lebih terbuka. Terlihat di lapangan, hampir seluruh penggawa The Young Warriors tampil menyerang untuk menyamakan kedudukan.

Sepanjang 15 menit awal babak kedua, praktis bola lebih banyak berada di wilayah pertahanan Maung Bandung. Kondisi ini makin terlihat ketika Ezechiel pun menjadi sering terlihat di area pertahanan Persib dibanding pertahanan lawan.

Tak heran jika PS Tira yang mampu melakukan sejumlah peluang. Seperti sebuah tendangan canon ball Manahati yang mengarah tepat ke gawang Persib. Beruntung Made Wirawan tampil impresif dengan mementahkan bola tendangan kapten tim PS Tira tersebut.

Ketika ditekan lawan, beruntunglah Persib memilki Bojan Malisic. Beberapa kali defender asal Serbia ini tampil gemilang menyelamatkan gawang Persib melalui sundulan maupun sapuannya. Hingga melewati 20 menit babak kedua, Persib lebih banyak ditekan oleh tim tamu.

Berriex menjadi aktor dari serangan bergelombang yang dilakukan PS Tira. Setidaknya dia telah melakukan tiga kali tendangan jarak jauh yang mengarah tepat ke gawang Persib. Sayang upaya gelandang asing Persib ini belum mampu menaklukkan performa apik Made Wirawan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan