Dikuasai Dua Adidaya

PIALA Dunia 2018 ada di depan mata. Tinggal 49 hari lagi pesta sepak bola terakbar di dunia itu akan bergulir. Penjualan tiket menonton langsung Piala Dunia di Rusia sudah mencapai angka dua juta orang.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada September tahun lalu menyatakan optimisme kalau sekurang-kurangnya lima juta penonton akan membanjiri negaranya untuk menonton Piala Dunia.

Hingga pembukaan hari pertama fase terakhir penjualan tiket Piala Dunia 2018 pada 19 April lalu FIFA merilis dalam 24 jam saja sebanyak 164.136 lembar tiket terjual. Sehingga kalau ditotal sejak penjualan fase tiket pertama 14 September silam sudah 2.484.302 tiket terjual.

Dan diantara tiket yang terjual, pihak panitia lokal memberikan kuota terbanyak kepada suporter tuan rumah. Menurut The Sun per 3 April lalu penjualan tiket kepada suporter Rusia mencapai 796.875 lembar tiket.

Nah, diantara sepuluh besar negara pembeli tiket Piala Dunia 2018 Rusia terdapat dua negara yang kesebelasannya tak berlaga. Yaitu Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Penonton berpaspor AS tercatat mencapai 80.161 orang di Piala Dunia 2018 mendatang. Sedang suporter Tiongkok mencapai 36.841 orang.

Dan Wiersema, Kepala Komunikasi American Outlaws, sebuah organisasi suporter timnas AS, kepada New York Times mengatakan kasus tingginya animo masyarakat AS walau Christian Pulisic dkk absen di Rusia cukup unik.

Wiersema berkata walau AS tidak hadir di Rusia, namun warga AS merasa punya tim untuk didukung. Tim non AS yang didukung biasanya merupakan tim yang merupakan asal-usul moyang mereka.

“Suporter AS memiliki beragam akar kultur dan ras dari berbagai dunia. Sehingga bisa saja mereka datang ke Rusia untuk mendukung Inggris, Spanyol, Jerman, atau malah tim asal Afrika seperti Mesir dan Tunisia,” kata Wiersema.

Komunitas Hispanik AS misalnya. Mereka akan sukarela berteriak untuk Meksiko, Kosta Rika, Panama, atau bahkan Spanyol yang punya kedekatan emosional dengan mereka.

Akan tetapi kalau dibandingkan suporter AS yang datang empat tahun lalu di Piala Dunia 2014 Brasil, jumlah suporter AS yang hadir di Rusia ini kurang dari separuhnya.

Dari data Forbes sebanyak 196.838 suporter AS hadir dan menonton pertandingan Tim Howard dkk. Empat tahun lalu AS lolos sampai fase 16 besar sebelum kemudian takluk oleh Belgia 1-2 melalui extra time.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan