Diberi Alat Salat dan Buku Iqra

Cinta tak mengenal ras dan negara. Itulah yang terjadi pada pasangan Ashley Marie Powell asal Amerika Serikat (AS) dan Ra’i, warga Kuningan. Ashley sudah bulat akan menikah dengan pemuda yang dicintainya, Desember mendatang.

SELASA siang (6/11) suasana di kantor KUA Kecamatan Kuningan yang berada di Jl RE Martadinata, relatif sepi. Tak banyak warga yang datang ke kantor tersebut. Halaman parkir yang cukup luas hanya terisi beberapa kendaraan roda dua dan empat.

Di dalam kantor, terlihat beberapa pegawai KUA sibuk dengan pekerjaannya. Tapi, tak berapa lama, satu unit mobil memasuki halaman kantor KUA. Penumpang yang berada di dalam mobil segera turun. Dari beberapa penumpang, nampak sosok perempuan berwajah bule ikut serta. Wanita itu mengenakan jilbab putih dan baju berwarna biru. Sedangkan si lelaki memakai kemeja warna merah muda. Pasangan ini bergegas menuju aula milik KUA Kecamatan Kuningan. Di aula sudah menunggu Kepala KUA Kecamatan Kuningan, Diding Rosidin.

Setelah menyampaikan niatannya, prosesi pengucapan kalimat syahadat berlangsung. Rupanya wanita bule itu sudah berniat masuk Islam. Hal yang dia lakukan sebelum menikah dengan Ra’i. Karena tekadnya sudah bulat, Ashley pun sengaja datang dari Amerika menemui kekasihnya.

”Rencananya perempuan (Aslhey, red) mau menikah dengan orang Kuningan, tapi persyaratan belum diperlihatkan. Kalau menikahnya orang asing itu ada persyaratan khusus, sesuai dengan PP Nomor 19 Tahun 2017,” terang Diding kepada Radar Kuningan.

Menurut Diding, persyaratan yang harus dipersiapkan itu biasanya kelengkapan dokumen dari KBRI seperti visa dan paspor, lalu surat model NA yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tapi saat ini pihak perempuan telah mengucapkan dua kalimat syahadat sebagai awal persyaratan dalam pernikahan di Indonesia.

”Tadi langsung melakukan pembinaan terhadap calon mualaf. Rencananya mereka mau nikah di Kuningan. Calon istrinya asal Amerika. Persyaratan sudah ada, tapi belum daftar ke sini, namun persyaratan itu kan harus masuk Islam. Tapi tadi sudah ikrar dan disaksikan para tokoh agama juga dari orang tua laki-laki,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan