Desa Pamanukan, Raih Desa Mandiri Tahun 2018

PAMANUKAN– Desa Pamanukan Kecamatan Pamanukan masuk dalam jajaran 100 Desa Terbaik se-Indonesia 2018 versi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, untuk kategori Maju Mandiri.

Sebagaimana dilansir kumparan.com Penilaian tersebut didasarkan pada indeks desa membangun (IDM) sebagai indeks komposit dari ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan ekologi atau lingkungan.

Kepala Desa Pamanukan H.Sudi Hartono menyampaikan, bahwa pihaknya belum mengetahui informasi secara detail, terkait adanya penilaian dari Kemendes, di mana desanya masuk dalam daftar 100 desa terbaik se- Indonesia tahun 2018.

“Saya belum tahu, tapi tiba-tiba banyak yang mengucapakan selamat, lewat telepon, selamat Desa Pamanukan masuk Desa terbaik,” ungkapnya.

Meski demikian, Sudi Hartono bersyukur bahwa dengan adanya kabar baik tersebut. Sebab, informasi tersebut sangat membanggakan untuk Desa Pamanukan. “saya bersyukur desa kita dinilai baik, tentu itu berkat partisipasi luarbiasa dari masyarakat dan ini juga jadi kebanggaan masyarakat,” imbuhnya.

Ia meyakini bahwa capaian tersebut merupakan bukti dari peran serta partisipasi masyarakat Desa Pamanukan yang berjumlah 13.223 jiwa, dengan profesi berbagai bidang serta berbagai hal. “Dikita kan masyarakatnya heterogen, semua agama, suku, ras membaur, potensi ekonomi juga besar. Apalagi disini banyak yang bergerak di bidang perdagangan dan jasa,” ucapnya.

Ia melanjutkan, bahwa penghargaan tersebut juga merupakan kerja keras seluruh elemen dan perengkat desa, mulai dari BPD, LPM, aparatur desa yang bersinergi dengan masyarakat. “Saya hanya ingin mengembangkan potensi diri untuk memberikan pengabdian ke masyarakat. Dan Alhamdulillah ini berkat semuanya,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Pamanukan M. Rudi, bersyukur dan memberikan apresiasi setingi-tingginya pada Desa Pamanukan atas pencapaianya.

“Kita bersyukur mendapat penghargaan itu, apresiasi dan penghargaa setinggi-tingginya pada Desa Pamanukan, Alhamdulillah membawa nama baik Subang serta Pamanukan, sebagai salah satu dari 100 Desa terbaik yang ada di Indonesia,” kata M.Rudi.

Ia mengakui, bahwa apa yang dicapai Desa Pamanukan, merupakan bukti kerja keras perangkat desa dan lembaga desa, serta pembangunan yang sudah berjalan sejak lama. “Pamanukan sudah dari dulu membangun, apalagi dari ekonominya, potensinya sangat besar,” bebernya.

Tinggalkan Balasan