Desa Nagrog Punya Puskesmas Baru

CICALENGKA – Untuk memenuhi pelayanan kesehatan di pelosok daerah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bandung Acmad Kustiadji meresmikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di  Kampung Sawahlega, Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka.

Menurutnya, keberadaan Puskesmas Sawahlega saat ini sudah bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Bahkan status bangunan dan lahan sudah milik Pemkab Bandung.

’’Puskesmas ini dibangun berada di lahan milik pemda, kedepannya akan ada perluasan,’’ jelas Achmad ketika ditemui usai peresmian kemarin (1/2)

Dirinya memaparkan, keberadaan Puskesmas ini melengkapi pelayanan kesehatan di Kabupaten Bandung secara penuh. Sebab, dietiap kecamatan dan sebagian desa sekarang sudah memiliki Puskesmas sendiri.

Bahkan, pelayanan kesehatan ini ditunjang dengan keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah yang tersebar secara merata di berbagai kecamatan. Bahkan, pelayanan klinik-klinik swasta juga sekarang sudah banyak berdiri.

Achmad mengakui, meskipun gedung Puskesmas sudah berdiri kokoh namun untuk fasilitas lainnya akaan dilengkapi secara bertahap. Bahkan, untuk anggarannnya sudah disiapkan pada tahun ini.

Dirinya menambahkan, untuk menjangkau pelayanan kesehatan lebih luas pihaknya berencana memperluas pembangunan Puskesmas dengan alokasi dana  sebesar Rp 600 juta.

Sementara itu Kepala UPTD Yankes Kecamatan Cicalengka dr. Endang Noor Fakhriya mengutarakan, dengan telah menempati gedung baru diharapkan pelayanan Puskesmas Sawahlega dapat lebih nyaman.

Menurutnya, selama ini pelayanan kesehatan masyarakat mengalami kendala dengan minimnya fasilitas gedung yang kurang memadai. Bahkan, bila jumlah pasien membludak sampai mengantri keluar.

’’Dengan adanya gedung baru peningkatan pelayanan sudah dipastikan akan ada. Apalagi Gedung ini terlihat nyaman,”ucap Endang.

Dirinya menambahkan, Puskesmas Sawahlega dulu pernah masuk penilaian pelayanan tingkat nasional. Padahal, dulu pelayanan masih menggunakan gedung lama.

Selain sarana dan fasilitas, pihaknya akan meningkatkan pelayanan dengan memberikan pembinaan kepada karyawan, tenaga kesehatan dan staf Puskesmas. Sehingga, kedepannya pelayanan di bidang administrasi akan bisa dipahami bersama masyarakat.

Semntara itu, Camat Cicalengka, H. Entang Kurnia mengatakan, Puskesmas Sawahlega merupakan Asset Kecamatan Cicalengka. Sehingga, diharapkan kebutuhan dasar akan kesehatan dapat terpenuhi dengan baik.

.

’’Alhamdulillah sudah terwujud Puskesmas Sawahlega berkat  sinergitas muspika dan  stakeholder dinas di pemerintahan kabupaten.” Ungkapnya. (mg4/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan