Desa Kutajaya Cicurug Miliki SPAM

SUKABUMI – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami meresmikan pembangunan replikasi Sistem Pe­nyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Rabu (18/4). Pada kesempatan tersebut, Marwan meres­mikan sekaligus menandatangani prasasti pemban­gunan replikasi SPAM, didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan Camat Cicurug.

“Target pembangunan sampai dengan 2019 ada­lah pelayanan akses universal air minum dan sani­tasi kepada seluruh masyarakat, serta terwujudnya kota tanpa kawasan kumuh, dimana pada kawasan kumuh akan dibangun prasarana dan sarana dasar air minum dan sanitasi untuk menambah akses air minum menjadi 100 persen, serta akses sani­tasi layak 100 persen, sehingga akan mengurangi kawasan kumuh hingga nol persen pada 2019,” ungkap Marwan dalam sambutannya.

Marwan menambahkan, terkait pengembangan SPAM yang di laksanakan pada kegiatan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), merupakan program pening­katan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan. KOTAKU bertujuan mewujudkan permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan. “Produktif yang dimaksud adalah menciptakan masyarakat yang berdayaguna, sehingga kuantitas dan kualitas sumber daya masyarakat menjadi ciri masyarakat perkotaan,” lanjut Marwan.

Terakhir, Marwan mengungkapkan kebanggaan­nya melihat SPAM bagi warga Desa Kutajaya tutas dibangun. SPAM yang dikelola dan dikawal pem­bangunannya oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Syariah Mandiri tersebut harus meningkat­kan kapasitas layanan publik, terutama di bidang penyediaan air layak konsumsi. (rls/hrl)

Tinggalkan Balasan