Desa Harus Melek Internet

SOREANG – Dinas Komu­nikasi Informatika dan Sta­tistik (Diskominfo) Kabupaten Bandung mengklaim seluruh desa sudah memiliki domain desa.id dalam setahun terakhir.

Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung Atih Witartih menga­takan, situs desa.id sebenarnya merupakan wadah untuk pe­merintah desa untuk meringan­kan tugas dan kinerja. Namun, hingga saat ini, masih banyak pemerintah desa yang belum memanfaatkan domains situs web tersebut.

Menurutnya, dalam domain tersebut ada dua muka open sid yang bisa dimanfaatkan untuk fungsi informasi dan fungsi layanan.

’’Fungsi informasi bisa men­jadi sarana bagi desa untuk mempromosikan berbagai potensi desa mulai dari objek wisata, budaya, produk UMKM,’’kata Ati kepada war­tawan kemarin. (26/11).

Selain itu, domain tersebut bisa juga untuk menjalankan kewajiban Keterbukaan Infor­masi Publik dengan memuat masalah penerimaan dan peng­gunaan anggaran. Sedangkan fungsi layanan untuk memper­mudah masyarakat yang ingin membuat surat keterangan tanpa harus pergi ke kantor desa.

’’Keterbukaan informasi, merupakan kewajiban dari semua badan publik termasuk desa memiliki kewajiban sama,’’jelas dia.

Atih menilai, adanya ang­garan untuk desa, seharusnya pelayanan kepada masyara­katnya lebih optimal. idealnya semua wadah termasuk do­main situs desa.id dimanfaat­kan dengan baik oleh pemerin­tah desa untuk memenuhi kewajibannya itu.

Untuk itu, sengan adanya gelaran Safetik Diskominfo melakukan evaluasi terhadap pemanfaatan sarana TIK oleh semua elemen pemerintah di Kabupaten Bandung ter­masuk pemerintah desa. Se­bab, selama ini, penilaian dan pemberian penghargaan baru menyasar Satuan Kerja Pe­rangkat Daerah (SKPD).

Untuk itu, dia berharap pe­nilaian dan pemberian pen­ghargaan nantinya akan di­berikan perangkat desa se­hingga dapat berkreasi dme­manfaatkan teknologi.

“Wadahnya sudah ada, tinggal bagaimana desa memanfaatkan­nya. Penilaian ini kami harapkan bisa menjadi motivasi mereka dalam memanfaatkan TIK guna mempermudah kinerja mereka sendiri,” kata dia.

Sementara itu Bupati Bandung Dadang M. Naser mengatakan, pemanfaatan teknologi infor­masi merupakan sebuah ke­niscyaan. Sebab, pemkab sendiri sedang mengembang­kan Smart City.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan