Deja Vu Lima Tahun Lalu

VALENCIA – Penyerang Barcelona Luis Suarez de­mikian gembira begitu trans­fer mantan rekannya di Liver­pool Philippe Coutinho te­realisasi pada 6 Januari lalu. Ketika Coutinho mendarat di bandara Barcelona-El Prat sehari setelah transfer terjadi, Suarez ada dalam barisan penjemput Coutinho.

Dan Liverpool connection itu membantu Barca lolos ke final Copa del Rey kelima kalinya secara benruntun. Pada pertemuan kedua semi­final Copa del Rey kemarin (9/2) di Stadion Mestalla, Barca menang 2-0 atas tuan rumah Valencia.

Setelah 215 menit menung­gu untuk mencetak gol, akhir­nya Coutinho pecah telur juga. Masuk di menit 46 menggan­tikan Andre Gomes, tiga menit kemudian (49’) pemain berjuluk Si Penyihir Cilik itu membobol gawang Valencia yang dikawal Jaume Domenech.

Gol pertama Coutinho ke­marin lahir berkat bantuan Suarez. Orang yang menjem­putnya di bandara dan mem­perkenalkannya kepada seluruh penghuni ruang ganti Barca.

Suarez melewati dua orang di sisi kanan pertahanan Los Che kemudian mengirim um­pan silang kepada Coutinho yang ada di sisi seberangnya. Coutinho menjatuhkan diri untuk menyongsong umpan patnernya itu.

Bukan kali ini saja Suarez berkontribusi besar kepada karir Coutinho. Ketika mantan pemain Inter Milan itu men­cetak gol perdananya buat Liverpool, Februari 2013 ver­sus Swansea, Suarez juga yang memberi umpan padanya.

“Gol Coutinho datang sang­at cepat ketika babak kedua baru dimulai. Dan gol itu me­mukul jatuh (mental) bertanding kami,” kata entrenador Valen­cia Marcelino Garcia Toral kepada Cadena SER kemarin.

Dipasangnya Gomes sebagai starter dalam laga kemarin memang memberikan kejutan buat banyak orang. Namun ketika Gomes tidak berperan siginifikan, entrenador Barca Ernesto Valverde pun segera menggantinya. (dra/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan