Dana Desa Harus Tepat Sasaran

NGAMPRAH– Dana desa tahun 2018 yang mulai dicairkan dengan total hingga Rp2 miliar/desa diminta lebih transparan dan tepat sasaran untuk kepentingan masyarakat luas. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat. “Kami selalu mengingatkan kepada setiap desa agar lebih transparan dan tepat sasaran untuk kepentingan masyarakat. Karena hakekatnya dana desa ini untuk memajukan desa itu sendiri,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bandung Barat, Wandiana di Ngamprah, baru-baru ini.

Menurut Wandiana, seharusnya setiap desa bisa mengumumkan penggunaan dana desa untuk tahun ini yang di pasang di sebuah baliho atau spanduk. Dengan begitu, masyarakat akan lebih mengetahui penggunaan dana desa untuk apa saja. “Misalkan, sebagian untuk infrastruktur, sebagian lagi untuk pemberdayaan masyarakat dan sebagian lagi untuk gaji pegawai. Semua bisa terbuka dan diakses oleh masyarakat,” ujarnya.

Bahkan, ujar dia, masyarakat harus dilibatkan dalam setiap pembangunan di desa. Mulai dari pengerjaan di lapangan secara gotong-royong hingga memanfaatkan pembelian material bangunan di desa itu. “Dengan begitu antara aparat desa dengan warga semakin terjalin baik dari sisi kebersamaan. Soal pembelian material bangunan juga perlu sehingga roda ekonomi masyarakat bisa terus maju,” paparnya.

Selain itu, pihaknya juga selalu mengingatkan soal laporan dana desa yang sudah dipakai juga harus disertai dengan dokumen resmi dan SPJ (surat pertanggung jawaban,red). Dokumen itu berisi soal perencanaan, pelaksanaan hingga laporan di akhir tahun. “Tahun ini, dana desa yang dikucurkan mencapai Rp198 miliar, lebih besar dibandingkan tahun 2017 lalu yang hanya Rp152 miliar bagi 165 desa. Setiap desa rata-rata menerima sebesar Rp2 miliar,” ujarnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan