Curug Cinulang Miliki Potensi

CICALENGKA – Keberadaan Curug Cinulang yang berlokasi di Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung sampai saat ini kondisinya belum memberikan dampak signifikan bagi pendapatan asli desa melalui sektor pariwisata.
Hal itu diutarakan Oo Sodikin Kepala Desa Tanjungwangi kepada Jabar Ekspress di kantornya, Senin (8/1/2018)

Menurutnya, perkembangan objek wisata yang berada di desanya tersebut hingga kini belum berdampak kepada peningkatan ekonomi warga desanya secara keseluruhan. Sebab, sarana dan prasarana penunjang kawasan objek wisata masih belum memadai.

“Lokasi objek wisata Curug Cinulang belum pernah tersentuh pembangunan dari dulu hingga kini ya seperti itu adanya,” ungkap Oo.

Selain itu, masalah pengelolaan objek wisata yang saat ini dikelola oleh pemerintah desa, pendapatannya hanya baru bisa memenuhi kebutuhan operasional saja.

’’Paling pendapatan melalui tiket hanya cukup untuk hidup pengelolanya saja, belum sampai kepada pembangunan sarana objek wisata penunjangnya,’’kata dia.

Oo menilai, keberadaan objek wisata Curug Cinulang dapat dikatakan tidak ada perubahan dan bisa disebut berjalan ditempat. Padahal, kalau pemerintah daerah mau menyentuh dan memperbaiki fasilitas bukan tidak mungkin Curug Cinulang menajdi Obyek Wisata yang banyak digemari masyarakat luas.

“Sampai saat ini perkembangannya jalan ditempat,” ungkap kades yang hampir habis masa jabatannya ini.

Dirinya memaparkan, kebutuhan saran dan perbaikan untuk menunjang di antaranya jalan menuju lokasi wisata yang kondisinya masih rusak. Padahal, jalan sepanjang 3 km itu kewenangannya ada di Pemkab Bandung.

’’Itu tanggung jawab pemda kalau infrastruktur jalan tersebut,’’ katanya.

Kendati begitu, berdasarkan informasi pada 2018 ada rencana pengelolaan Obyek wisata Curug Cinulang akan dikerjasamakan oleh pihak ketiga. Bahkan, untuk merealisasikannya dia mengaku sudah menandatangani kerjasama dengan Indonesia power untuk pembangunan dan pengelolaan objek wisata Curug Cinulang.

Salah seorang pengunjung Hadi, 21, mengatakan, sebetulnya panorama di Curug ini sangat indah dan layak untuk untuk dipromosikan. Tetapi, fasilitas harus dilakukan pembenahan terlebih dahulu.

’’Semoga pemerintah memberikan perhatian terhadap keberadaan curug Cinulang ini agar dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar,”pungkas Hadi (mg4/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan