Citra Guru dan Sekolah Efektif

Guru merupakan pekerjaan yang mulia dan terhormat, dan sekaligus juga merupakan profesi yang memiliki tugas berat dan tidak bisa dikerjakan secara serampangan. Guru tidak saja bertugas mengajar dalam rangka mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik, tetapi juga bertugas untuk mendidik dan melatih para siswa dalam rangka membentuk kepribadian atau karakter yang mantap pada diri mereka. Oleh karena itu, setiap pribadi yang menggeluti profesi guru, menjunjung tinggi martabat dan citra guru merupakan suatu kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar.

Pada kenyataannya di lapangan, diakui atau tidak, masih banyak guru yang belum melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tuntutan profesi yang sesungguhnya. Guru masih memiliki kecenderungan menempatkan diri pada posisi sebagai pengajar semata dan mengabaikan tugasnya dalam mendidik dan melatih peserta didik. Guru terkesan melaksanakan tugasnya secara asal-asalan, tidak mengikuti rambu-rambu proses pembelajaran yang sebenarnya. Sehingga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, terbatas hanya untuk menggugurkan kewajiban. Hal ini tentu saja mencederai martabat dan citra guru, serta dunia pendidikan dalam pengertian yang lebih luas.

Salah satu kecakapan hidup atau life skill yang harus dimiliki guru adalah kemampuan untuk selalu mengembangkan dan merawat citra diri sebagai pendidik.  Citra diri sebagai seorang pendidik akan menyangkut kemudahan diterima atau tidaknya kehadiran guru dengan baik oleh lingkungannya. Selanjutnya, sangat berpengaruh kepada kepercayaan yang akan diberikan kepada guru untuk tugas dalam mendidik.

Sebagai seorang pendidik dalam kesehariannya guru dituntut selalu memiliki kesadaran diri akan profesi yang diamanahkan. Sosok pribadi guru harus dapat menjadi teladan bagi anak didik dan lingkungannya. Perilaku guru akan menjadi sorotan masyarakat. Sedikit saja cacat berperilaku akan menjadikan berjuta besar yang dapat mencoreng citra kependidikan secara luas. Citra diri guru berkaitan dengan karakter dan kepribadian guru.

Dalam dasawarsa terakhir, pemerintah berupaya mendongkrak citra guru melalui berbagai upaya. Tujuan akhirnya memperbaiki kualitas pendidikan. Menjadi guru profesional bukan perkara gampang. Apalagi untuk menjadi guru baik. Guru baik dapat mengangkat martabat dan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan yang baik, dapat mengangkat martabat bangsa. Permasalahannya, hal-hal yang harus dilakukan guru untuk membentuk citra diri yang positif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan