Cikadu Disebut Kampung Gaib

BANDUNG – Kampung Cikadu di kelurahan Ciumbuleuit kecamatan Cidadap kota Bandung, tak terdeteksi map google. Hal itu dikatakan tokoh masyarakat Cikadu Tubagus Dedi saat mereka didatangi calon wakil wali kota Bandung Cahirul Yaqin Hidayat (Rulli).

”Kita namai kampung ini kampung gaib. Karena nama jalan dan di tata ruang Kota Bandung saja tidak ada, di google maps juga tidak muncul,” kata Tubagus.

Makin parahnya, kata Dedi wilah kampung Cikadu tidak terendus dalam tata ruang kota Bandung. Imbasnya sudah beberapa kali melakukan pengajuan berkait dengan kebutuhan infrastuktur sangat sulit sekali untuk di kabulkan.

”Kalau bantuan sosial ada seperti PIPPK (Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan, Red.) tapi kalau infrastuktur sangat sulit. Mungkin kerana tempat ini tidak masuk dalam tata ruang Kota Bandung dalam pembangunan infrastruktur wilayah. Jadi selama ini kita mengandalkan batuan dari provinsi, itu pun bisanya Anggaran Bantuan akhir Tahun (ABT). Khusnya untuk kirmir ini,” kata Dedi saat mendampingi Rulli melakukan blusukan.

Lanjut Dedi karena kampung Cikadu dekat dengan sungai pihaknya memang memerlukan kirmir yang bagus untuk menahan agar tanah tidak longsor.  ”Karena di sini sering terjadi longsoran. Sampai sekarang ini hanya sebatas berapa meter. Ke sananya masih terjal belum ada kirmir, yang sangat riskan, jangankan nyaman. Aman juga belum tentu,” kata dia.

Dirinya berharap ke dapannya setalah adanya pergantiann kepemimpinan harus dapat memperhatikan semua wilah kota Bandung termasuk perbatasan antara kota dengan Kabupaten Bandung atau dengan Kabupaten Bandung Barat.

Menanggapi terkait keluhan itu, Rulli menyebutkan jika pasangannya berhasil menang. Maka wilayah tersebut akan menjadi prioritas. Selain kebutuhan infrastruktur, wilayah tersebut juga minim akan penerangan jalan umum dan kirmir.

”Mumpung Pilklada-nya serentak karena ini cakupan wilah. Dan juga ada Perda (Peraturan daerah. Red.) kawasan Bandung Utara, jadi program pembagunan harus ada rekomendasi dulu dari gubernur sedang di sini ingin ada percepatan pembabunan seperti di wilayah yang lain. Saya kira kusus wlayah ini kalau pasangan Nurul dan Rulli (Nuruli) menang dan gubernurnya sudah ditentukan kita akan langsung bahas dengan warga-warga yang berada di perbatasan. Agar bisa diperhatikan dan bisa memdapatkan fasiltas yang sama,” tandas Rulli.

Tinggalkan Balasan