CeLOE, Transformasi Pendidikan Era Digital

jabarekspres.com – Telkom University (Tel-U) melakukan terobosan dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Bahkan yang terbaru Bagian Pengembangan Pembelajaran (BPP) Telkom University akan meluncurkan sebuah program yang mampu menghadapi revolusi industri 4.0.

Jumat pekan lalu (13/4) di Gedung Darma, Jl. Telekomunikasi, Bandung. Telah dilakukan Kick Off,
Program tersebut berjuluk Center for e-Learning and Open Education (CeLOE).

Didalamnya, CeLOE fokus pada transformasi pendidikan dengan pemanfaatan teknologi informasi. Ada 3 poin yang menjadi inti dari program ini, yaitu (1) Learner excellence, melalui perubahan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pembelajar, (2) Teacher excellence, melalui perubahan delivery pembelajaran, dan (3) Institutional Excellence, perubahan perencanaan dan pengelolaan pendidikan.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Telkom University Dr. Dadan Rahardian mengatakan “Ketiga pilar diatas diimplementasikan di Telkom University sehingga berperan menghasilkan harmonisasi dalam membentuk pendidikan berkarakter, unggul dalam teknologi, ilmu pengetahuan dan seni, dan berakhlakul karimah,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa CeLoe ini Menjadi aplikasi dan ekosistim dalam mengembangkan model pembelajaran di Telkom university. Kerena model belajar anak sekarang jauh dan berbeda dengan dahulu.

“Telkom University antisipasif dan responsif terhadap perubahan yang turbulen di era disrupsi, antara lain melalui pengembangan kualitas Dosen, pengembangan metode-metode pembelajaran yang berkelanjutan dan pengembangan infrastruktur melalui teknologi informasi.” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, dijelaskan juga oleh VP Direktorat Higher Education Yayasan Pendidikan Telkom Dr. Heroe Wijanto. CeLOE bertujuan membuat seluruh proses pendidikan bisa dinikmati masyarakat Indonesia, siap mendukung yg telah dirancang dengan baik bahkan sudah ada 250 mata kuliah yang sudah online. Menjadi perekat antar kampus dilingkungan Telkom University.

Selanjutnya, menurut Direktur Pembelajaran Dirjen Kemenristekdikti Dr Ir. Paristiyanti Nurwardani, Telkom University harus menjadi inisiator dalam menghadapi era globalisasi dan pasar bebas.

“Tahun ini merupakan tahun pembelajaran digital kita harus siap dengan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk berkompetisi di dunia, apalagi menghadapi persaingan global, untuk itu Kemenristekdikti mendukung adanya program CeLOE buatan Tel-U,” pungkasnya. (ss)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan