Cara Mengatasi Kecanduan Game

GAME. Siapa sih yang tidak kenal dengan permainan yang satu ini? Game merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dilakukan sebagai selingan dari penatnya kegiatan dalam satu hari, untuk mengisi waktu luang, dan lain-lain. Namun, tidak jarang juga dari kita yang justru kecanduan game.

Memainkan game saat ini telah menjadi budaya dalam kehidupan masyarakat modern. Namun perlu diketahui bahwa segala sesuatu, apapun itu, bila dilakukan secara berlebihan, maka akan mendatangkan banyak kerugian bagi yang menggunakannya.

Sayangnya permainan game saat ini cenderung mengarahkan para pengemarnya ke hal-hal yang negatif. Di Tiongkok para pencandu internet direhabilitasi dengan cara dimasukkan ke dalam kamp mirip seperti di pelatihan militer untuk menyembuhkannya. Lebih dari 70 persen dari 110 peserta yang ikut adalah pecandu internet khususnya game.

Di beberapa negara besar sudah menggolongkan kecanduan ini sebagai kecanduan yang berbahaya dan memerlukan penanganan yang serius. Jika dipikirkan lebih dalam lagi, ternyata dampak dari game online lebih banyak negatifnya daripada positifnya. Ada banyak dampak negatif seperti kesehatan yang menurun, perubahan pola hidup, psikologi, hubungan sosial, tindakan kriminal, dan bahkan hingga kematian. Oleh karena itu, diharapkan kepada setiap individu yang telah mengalami kecanduan terhadap permainan ini, agar sebisa mungkin segera mengubah kebiasaan mereka. Didorong oleh keinginan tulus supaya para pecandu game online dapat segera mengubah kebiasaan mereka. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk memantu mereka mengatasi kecanduan tersebut.

Mengakui kecanduan terhadap game. Ketika tahu bahwa memang kecanduan game, hal pertama yang benar-benar perlu dilakukan adalah menerimanya. Penerimaan pada situasi ini memang butuh usaha keras, karena harus mencoba untuk tidak menyangkalnya, menolaknya, atau membandingkan situasi diri sendiri dengan orang lain. Setelah bisa menerima situasi ini, dijamin langkah-langkah selanjutnya akan terasa lebih mudah karena sudah terpikirkan solusi apa yang tepat untuk berhenti dari kebiasaan yang satu ini.

Mengubah pola pikir. Setelah menerima kenyataan bahwa memang kecanduan bermain game, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengubah pola berpikir. Yang dimaksud dengan mengubah pola berpikir di sini adalah mulai serius memikirkan apa yang menjadi tujuan jangka panjang, katakanlah apa yang ingin kita capai dalam waktu 5 tahun ke depan. Dengan menetapkan target dari sekarang, secara perlahan kita akan menyadari bahwa bermain game terus menerus justru dapat menjadi penghalang untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu, meskipun saat ini sudah mencapai skor tertinggi dalam game tertentu, hal tersebut juga tidak ada artinya untuk beberapa tahun ke depan atau tidak menjamin kesuksesan baik dari segi pendidikan ataupun karir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan