Cara Mengatasi Kecanduan Game

93

GAME. Siapa sih yang tidak kenal dengan permainan yang satu ini? Game merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dilakukan sebagai selingan dari penatnya kegiatan dalam satu hari, untuk mengisi waktu luang, dan lain-lain. Namun, tidak jarang juga dari kita yang justru kecanduan game.

Memainkan game saat ini telah menjadi budaya dalam kehidupan masyarakat modern. Namun perlu diketahui bahwa segala sesuatu, apapun itu, bila dilakukan secara berlebihan, maka akan mendatangkan banyak kerugian bagi yang menggunakannya.

Sayangnya permainan game saat ini cenderung mengarahkan para pengemarnya ke hal-hal yang negatif. Di Tiongkok para pencandu internet direhabilitasi dengan cara dimasukkan ke dalam kamp mirip seperti di pelatihan militer untuk menyembuhkannya. Lebih dari 70 persen dari 110 peserta yang ikut adalah pecandu internet khususnya game.

ads

Di beberapa negara besar sudah menggolongkan kecanduan ini sebagai kecanduan yang berbahaya dan memerlukan penanganan yang serius. Jika dipikirkan lebih dalam lagi, ternyata dampak dari game online lebih banyak negatifnya daripada positifnya. Ada banyak dampak negatif seperti kesehatan yang menurun, perubahan pola hidup, psikologi, hubungan sosial, tindakan kriminal, dan bahkan hingga kematian. Oleh karena itu, diharapkan kepada setiap individu yang telah mengalami kecanduan terhadap permainan ini, agar sebisa mungkin segera mengubah kebiasaan mereka. Didorong oleh keinginan tulus supaya para pecandu game online dapat segera mengubah kebiasaan mereka. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk memantu mereka mengatasi kecanduan tersebut.

Mengakui kecanduan terhadap game. Ketika tahu bahwa memang kecanduan game, hal pertama yang benar-benar perlu dilakukan adalah menerimanya. Penerimaan pada situasi ini memang butuh usaha keras, karena harus mencoba untuk tidak menyangkalnya, menolaknya, atau membandingkan situasi diri sendiri dengan orang lain. Setelah bisa menerima situasi ini, dijamin langkah-langkah selanjutnya akan terasa lebih mudah karena sudah terpikirkan solusi apa yang tepat untuk berhenti dari kebiasaan yang satu ini.

Mengubah pola pikir. Setelah menerima kenyataan bahwa memang kecanduan bermain game, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengubah pola berpikir. Yang dimaksud dengan mengubah pola berpikir di sini adalah mulai serius memikirkan apa yang menjadi tujuan jangka panjang, katakanlah apa yang ingin kita capai dalam waktu 5 tahun ke depan. Dengan menetapkan target dari sekarang, secara perlahan kita akan menyadari bahwa bermain game terus menerus justru dapat menjadi penghalang untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu, meskipun saat ini sudah mencapai skor tertinggi dalam game tertentu, hal tersebut juga tidak ada artinya untuk beberapa tahun ke depan atau tidak menjamin kesuksesan baik dari segi pendidikan ataupun karir.

Berhenti menjadi perfectionist. Tidak dapat dipungkiri jika berbagai tantangan yang ada dalam game membuat ingin menyelesaikan game tersebut secepatnya, dan hal tersebut menghabiskan banyak waktu, bahkan bisa berhari-hari. Untuk mengatasi hal ini, dengan berpikir bahwa menyelesaikan segala tantangan yang ada pada game tidak memberi keuntungan apapun saat ini maupun di masa mendatang. Memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal bermanfaat.

Membatasi waktu bermain. Membatasi waktu untuk bermain game merupakan suatu hal yang cukup sulit untuk dilakukan ketika sudah kecanduan. Tapi, tidak ada yang susah ketika mau berusaha. Untuk mengurangi kecanduan bermain game, tidak bisa dilakukan sekali waktu tetapi bisa dikurangi intensitas bermain game secara bertahap, misal dari kebiasaan bermain 20 jam seminggu menjadi 18 jam, berkurang lagi menjadi 16 jam, lalu 14 jam, begitu seterusnya hingga bisa mengatur intesitas bermain game dalam batas sewajarnya.

Membeli hadiah untuk diri sendiri. Setelah perlahan-lahan kita mampu mengurangi intensitas untuk bermain game, inilah saat yang tepat untuk menghargai diri sendiri. Momen yang satu ini tidak harus dilakukan ketika berulang tahun, namun bisa juga ketika berhasil mencapai sesuatu. Hadiah ini bisa berupa hal-hal yang disukai, seperti membeli es krim, menonton film, pergi traveling ke luar kota, dan lain-lain. Memberikan hadiah untuk diri sendiri merupakan salah satu motivasi agar kita bisa menjadi lebih baik dan baik lagi ke depannya.

Mencari tahu tentang walkthroughs serta cheats game tersebut. Kenapa perlu melakukan hal ini sebagai cara untuk mengatasi kecanduan game? Ketika mengetahui segala hal tentang game yang dimainkan, setelah itu akan merasa bahwa game tersebut kurang menantang dan cenderung cepat bosan ketika bermain karena sudah tahu apa yang akan terjadi di scene atau level selanjutnya. Selain itu, ketika bermain menggunakan cheat, maka cenderung cepat puas dengan apa yang sudah didapat sehingga tidak perlu bersusah payah untuk menyelesaikan berbagai misi yang ada pada game tersebut.

Membatasi pemasangan game pada gadget. Sering kali, orang yang kecanduan bermain game hanya bermain dengan sesama teman “online” nya dan teman tersebut cenderung akan mengajak kita untuk bermain game dalam jangka waktu yang lama dan kita juga cenderung untuk melupakan kewajiban-kewajiban lainnya karena sudah lupa waktu. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya mengajak teman sepermainan atau teman sebaya ketika ingin bermain game. Kenapa? Karena bermain dengan teman dalam satu ruangan yang sama akan mencapai titik bosan pada waktu tertentu sehingga teman akan mengajak untuk melakukan kegiatan lainnya dan tidak akan terus-terusan bermain game.

Bermain Bersama Teman-Teman yang Sibuk. Yang juga menyukai game tentunya. Ketika kamu bermain bersama mereka, pada suatu waktu mereka harus melakukan sesuatu dan sesi bermain pun mesti selesai. Memang bukan hal yang mudah mencari teman seperti ini. Tetapi jika kamu memilikinya, “manfaatkanlah”.

Perbanyak Aktivitas di Luar. Berolahraga secara rutin, pergi bersama keluarga, dan aktivitas keluar rumah lainnya bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengurangi kecanduan akan game. Selain itu juga menjadi lebih sehat tentunya.

Miliki Niat dan tekad yang Kuat untuk Berubah. Jika serius untuk berhenti dari kecanduan ini, memang hal pertama yang harus dimiliki adalah tekad serta kemauan yang kuat untuk terlepas dari kebiasan tersebut. Memang awalnya akan mengalami kesulitan untuk tetap bisa menjaga komitmen. Namun percayalah, bila niat kuat, maka akan bisa melewatinya dengan baik, motivasilah diri bahwa pasti bisa berubah.

Perkuat Hubungan Anda dengan Allah SWT. Hal yang satu ini tidak dapat disepelekan karena dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWR, akan lebih percaya diri untuk dapat berubah. Berdoalah selalu dan perbanyak mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

Pikirkan Selalu Dampak Buruknya. Dengan selalu memikirkan dampak buruknya, sedikit demi sedikit akan mulai menjauhi game tersebut, karena dengan cara ini akan tersugesti seandainya hal-hal buruk tersebut menimpa diri sendiri.

Berhentilah Bermain Game. Karena sudah berkomitmen untuk sembuh dari kecanduan ini, maka harus mau untuk berhenti memainkan permainan tersebut. Jangan mengurangi durasi bermain, tetapi berhentilah saat itu juga, karena bila hanya mengurangi durasinya, maka keinginan untuk memainkannya pasti akan muncul kembali, bahkan mungkin lebih besar, sehingga tidak dapat mengendalikannya. Pikirkanlah selalu bahwa lebih baik tidak memainkannya daripada terjerumus lagi. Namun suatu saat, ketika sudah dapat mengendalikan kecanduan, bila tiba-tiba ingin memainkannya, maka tidak perlu merasa khawatir karena pasti sudah bisa mengendalikan diri.

Terbuka pada Orang Terdekat. Ceritakanlah tentang kecanduan yang dialami kepada keluarga supaya keluarga dapat memberi dukungan atau jalan keluar. Jangan malu untuk berkata jujur kepada mereka. Dengan keterbukaan akan memberi kepercayaan diri untuk terlepas dari kecanduan game.

Menjauhkan Diri. Segera kemasi dan sembunyikan perangkat game  supaya tidak tergoda untuk memainkannya lagi. Usahakan di kamar tidak terpasang perangkat game, karena akan tergoda untuk memainkannya.

Melakukan Hal Positif saat Waktu Luang. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk melakukan kegiatan lain selain bermain game. Perbanyak kegiatan positif yang bisa dilakukan seperti bersenda gurau dengan keluarga, olahraga, menulis, bermain musik, dan sebagainya. Buat diri sesibuk mungkin dengan hobi baru sehingga tidak memiliki kesempatan untuk memikirkan bermain game kembali.

Berbaurlah dengan Orang Lain. Berinteraksi dengan orang lain sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, mulailah keluar rumah jangan mengurung diri di kamar, hubungi segera teman-teman untuk kumpul bersama membahas kegiatan yang positif.

Mencoba terapi. Cara mengatasi kecanduan game terakhir adalah dengan terapi, lebih tepatnya terapi kognitif behavioral. Terapi ini berfungsi untuk membantu orang memaknai apa yang mereka dapat dari kecanduannya terhadap hal tertentu, dan mendorong mereka untuk melakukan kebiasaan baru yang lebih positif. Seperti halnya pada kasus kecanduan game, orang yang kecanduan game akan dibantu terapis untuk menganalisis bahwa kecanduan game adalah bukan suatu hal yang penting dalam hidup dan mendorongnya untuk melakukan hal bermanfaat lainnya yang tentu saja lebih positif.

Itulah beberapa tip yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan game. Bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan, mungkin tidak semuanya perlu dilakukan, tergantung kepada seberapa tingkat kecanduan terhadap game. Bisa mulai dari satu tip yang paling mungkin dilaksanakan dan berkomitmen untuk menjalankannya.

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.