Calon Sekda Berkarakter Pemimpinan Kuat

SOREANG – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung akan segera berakhir. Bupati Bandung Dadang M Naser berharap Sekda terpilih nanti dapat memiliki pola kemimpinan yang kuat untuk mendirikan birokrasi.

Seperti diketahui jabatan Sekda Kabupaten Bandung yang saat ini dijabat oleh Sopyan Nataprawira memasuki masa pensiun. Meski demikian, tahapan penjaringan calon Sekda Kabupaten Bandung ini belum juga dimulai.

“Dia harus memahami bagaimana managemen pemerintahan, bagaimana managemen keuangan. Harus memiliki kewibawaan dan harus memiliki pola kemimpinan yang kuat untuk mendirikan birokrasi,” jelasnya kepada wartawan di Soreang, kemarin (12/10).

Berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, penjaringan sekda akan dilaksanakan secara terbuka/open biding.

“Hari ini dalam rapat koordinasi akan disampaikan persyaratan yang harus diikuti oleh para peserta open biding sekda. Karena nantinya akan disatukan dengan open biding beberapa dinas, staf ahli, yang boleh diikuti oleh intern dan ekstern,” katanya

Untuk di intern Pemda Kabupaten Bandung sendiri sejauh ini, kata Dadang ada 19 orang pejabat yang bisa mengikuti seleksi sekda. Selain diikuti calon internal pemkab bandung, open biding sekda akan diikuti dari luar kota/kabupaten lain.

Sejauh ini kata bupati, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bandung sedang melakukan konsultasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat dan Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Nantinya akan ada pansel (panitia seleksi) khusus dari beberapa perguruan tinggi. Ada 2 dari akademisi dan 3 praktisi, baik dari pusat dan dari provinsi,” pungkasnya (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan