Butuh Tempat Terbuka untuk Olahraga

CIMAHI – Ribuan masyarakat Kota Cimahi ikut memeriahkan Sepeda Nusantara. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tembak KONI Jabar, Jalan Oesman Dhomiri, pada Minggu (16/9) merupakan bagian dari program Kementerian Pemuda dan Olahrag (Kemenpora).

Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora RI mengungkapkan, Kemenpora meluncurkan kegiatan Sepeda Nusantara dalam rangka mengajak masyarakat berolahraga dan cinta lingkungan bebas dari polusi.

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai ajang promosi pelaksanaan Asian Paragames 2018. Sehingga, harapannya Indonesia bisa sukses seperti di Asian Games kemarin.

Melihat antusias masyarakat cukup tinggi, Dia menyarankan, sebaiknya di Cimahi ada lahan kosong untuk sarana olahraga. Bahkan, halaman, trotoar apalagi lapangan s bisa dimaksimalkan.

“Kalau kita lihat dibeberapa negara yang memperhatikan kesehatan masyarakat, mereka menyediakan taman jadi fasilitas yang ada di taman seperti kursi bisa digunakan untuk Skot Jump,” katanya.

Terkait kurangnya fasilitas olahraga di Kota Cimahi, Abdur menuturkan, pemerintah Cimahi harus mengajukan anggaran untuk memaksimalkan lahan kosong agar bisa dijadikan fasilitas olahraga.

“Jadi pemerintah mengajukan anggaran itu dengan usulannya, nanti masuk ke komisi 10,” tandasnya.

Sementara itu Anggota komisi 10 DPR RI, Popong Otje Djundjunan mengatakan, sebenarnya sarana dan prasarana olahraga bukan faktor pertama. Sebab, semuanya yang menentukan manusianya sendiri.

“Kalau sarananya ada tapi manusia tidak mau berolahraga tetap gak akan bisa. Jadi sarana prasarana bukan merupakan faktor utama tapi tetap harus diperhatikan,” katanya.

Terkait kurangngnya fasilitas olahraga di Kota Cimahi, menurut politisi partai Golkar ini, itu merupakan tantangan bagi Pemerintah setempat untuk menyediakan sarana olahraga.

“Itu merupakan salah satu faktor yang tidak bisa lepas dari manusia yang masih hidup. Untuk itu kita harus acungkan jempol baik itu ke Kemenpora maupun Pemerintah Kota Cimahi,” katanya.

Menurutnya, dengan mereka mengadakan kegiatan tersebut merupakan satu bukti bahwa mereka sadar bahwa manusia itu harus sehat lahir dan bantin.

Sementara itu Wali Kota Cimahi Ajay Muhamad Priatna mengaku bangga Kota Cimahi terpilih dalam penyelenggaraan Sepeda Nusantara. Terlebih melihat masyarakat antusias mengikuti acara tersebut.

Tinggalkan Balasan