Butom Harus Jadi Penyangga BIJB

SUMEDANG – Kawasan Kecamatan Buahdua, Ujungjaya dan Tomo (Butom), harus menjadi kawasan penyangga bagi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Majalengka. Hal itu disampaikan Dony Ahmad Munir (Doamu) saat mengunjungi Kecamatan Buahdua, belum lama ini.

Menurutnya, kawasan Butom sangat potensial untuk dijadikan kawasan industri dengan tanpa mengurangi luasan laha produktif pertanian sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Ini dapat menjadi daya tarik investor dalam membuka perluasan lapangan kerja bagi masyarakat Sumedang.

Adanya pembangunan kawasan industri di Kecamatan Buahdua, diharapkan mampu menjadikan Buahdua lebih maju.

”Apalagi dilintasi oleh Tol Cisumdawu, dengan adanya exit tol tidak jauh dari lokasi, Buahdua akan dijadikan destinasi wisata Kuda Renggong,” ujar Dony.

Nanti, kata dia, orang yang keluar dari tol dapat berwisata dengan menonton pertunjukan kuda renggong yang terjadwal. Festival Kuda Renggong yang terjadwal akan masul kalender wonderfull Indonesia.

”Seperti pertunjukkan Tari Kecak di Bali terjadwal semuanya. Kemudian, jadi lokasi yang sangat menarik,” tandasnya.

Dikatakan Doamu, pembangunan kawasan industri harus fokus pada pembangunan kawasan industri yang berdaya saing global. Agar, rantai pasokan industri efektip, efisien, ramah lingkungan dan memiliki SDM berkualitas.

Menurutnya, pembangunan kawasan industri, khususnya otomotif harus sejalan dengan isu san tren global. Seperti low emission car, electric car dan aplikasi teknologi modern.

”Hal ini telah menjadi tren dan sorotan masyarakat internasional, serta diharapkan bisa diterapkan secara profesional,” tukasnya.

Doamu mengharapkan pemerintah sudah selayaknya bekerjasama dengan berbagai pihak agar pembangunan kawasan industri lebih atraktif bagi investor dan pelaku industri.

Seperti mempermudah regulasi fiskal agar unvestor tidak merasa terbebani. Kemudahan dalam mengakses sumber listrik, hingga kemudahan dalam berinvestasi kontruksi.

”Pengembangan ini diharapkan dapat menarik investasi lebih banyak ke sektor perindustrian serta memberikan kontribusi nyata terhadap daerah,” tutupnya.

Dalam kunjungannya ke Kecamatan Buahdua, Doamu dan pasangannya mengunjungi beberapa titik. Seperti, Ponpes di Dusun Cipatat Desa Sekarwangi, Posko Pemenangan di Desa Cilangkap, melakukan pelatihan kordes, korcam dan saksi di Desa Buahdua serta mengunjungi warga di Desa Gendereh dan Desa Hariang Kecamatan Buahdua. (atp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan