Bumdes Masih Belum Butuh Pengembangan

50

CICALENGKA – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sejau ini masih banyak yang memberikan manfaat bagi masyarakat desa. Hal ini, terjadi karena dalam pengelolaannya tidak memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) memadai.

Ketua Apdesi Kecamatan Cicalengka Abdul Rohim mengatakan, sebetulnya banyak sekali Bumdes-Bumdes disetiap desa seperti tidak bergerak maju. Namun, keberadaannya hanya sebagai pelengkap perangkat desa saja.

Padahal, kalau dikelola dan dimanfaatkan dengan baik keberadaan Bumdes akan memberikan manfaat untuk kemajuan desa dibidang kemandirian perekonomian masyarakat.

’’Dari dua belas desa yang ada di Kecamatan Cicalengka hanya beberapa desa saja yang Bumdesnya berjalan dengan membuka usaha,” ucap Rohim.

Sementara itu salah seorang Tokoh Masyarakat Cicalengka Bambang Setia Permadi mengatakan, keberadaan Bumdes sebetulnya memiliki posisi strategis bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

Dirinya menilai, dibeberapa desa yang Bumdesnya sudah maju harus dijadikan acuan untuk diterapkan didesanya masing-masing dengan cara mencontoh tata cara dan sistem yang diterapkan din desa yang bersangkutan.

Heni Kasi pemberdayaan masyarakat desa kecamatan Cicalengka mengutarakan, keberadaan Bumdes di Cicalengka sudah menjadi program Kecamatan untuk dilakukan penataan.

Pihaknya akan melakukan pendataan  Bumdes di Cicalengka agar kedepannya bisa berjalan maksimal. Terlebih, Dana desa saat ini sudan banyak disalurkan oleh pemerintah.

Untuk itu, rencananya Pemkab akan memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk pengurus Bumdes mengenai pengelolaan dan penataan agar setiap desa memiliki Bumdes yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

’’Harus diberikan bimtek untuk memberikan pemahaman mengenai penataan dan pengelolaan Bumdes,” tutup Heni. (mg4/yan)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.