BPN Puji PTSL Kota Bandung Mampu Lampaui Target

BANDUNG – Sebanyak 1.100 sertifikat tanah dibagikan ke warga kota Bandung dari Ba­dan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bandung di Ge­dung Graha Batununggal, kemarin (23/1).

Penyerahan sertifikat disaka­sikan langsung Wali Kota Bandung dan BPN Provinsi Jawa Barat. Kepala BPN Kota Bandung Eliyas Tjahjadi men­gatakan Pembagian Sertifikat Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Selain memberikan sertifikat ke warga, juga 7.942 sertifikat untuk aset Pemkot Bandung dan 198 sertifikat jadi aset pelepasan pengembang.

”Sementara untuk warga yang berada di kawasan Pun­clut baru bisa memberikan dua sertifikat dari target 506. Hal itu lantaran masih ada permasalahan yang belum terselesaikan, dan ditargetkan selesai tahun ini,” ujar Elyas pada Jabar Ekspres usai penyerahan PTSL kemarin.

Wali kota Bandung M. Rid­wan Kamil menyambut baik keberhasilan progran PTSL yang dicanangkan presiden Joko Widodo tersebut.

Sebut dia, atas kerja sama tim yang baik antara BPN, kelurahan dan kecamatan sehingga kota Bandung bisa melebihi target.

”Dari target Seratus persen sekarang targetnya 153 persen dari 98.000 sekian tercapai sertifikasi penyerahan 14 ri­buan sekian. Jadi tolong dia­presiasi, salah satu. Slain ki­nerja dari kewilayahan yang kita arahkan, kerja cepat kita juga punya peta digital yang canggih skala 1000:1 punya Pemkot, bikinan ITB. Mem­buat pengukuran menjadi lebih mudah, karena bisa dianalisa secara baik dari udara. Nah mudah-mudahan ini menjadi inspirasi untuk wilayah-wilayah lain sehing­ga kota Bandung meny­umbangkan keberhasilan ke provinsi juga,” kata Ridwan.

Dikatakan Ridwan dengan target yang sudah mende­kati 100 persen dia pun ber­pesan ke masyakarat agar bisa memanfaatkan sertifikat dengan bijak untuk mening­katkan kesejahteraan. ”Silakan berbahagia, sertifikat diman­faatkan atau dipakai juga untuk usaha supaya hidup lebih sejahtera,” sebutnya.

Ridwan meyebutkan tercatat olehnya jika ada setifikat tanah sudah dianggunkan hampir mencapai Rp 20 Triliun. ”Pem­kot pun jadi kecipratan. Kan PAD kami dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), serah terima atau jual belinya itu hampir lumayan besar,” jelasnya.

”Aset kota bandung yang diserahkan 7.942. Jadi ini se­buah kecepatan luar biasa, sehingga target kami bisa untuk PTSL in Insya Allah terpenuhi. Mudah-mudah tahun ini karena proses ser­tifikasi aset yang luar biasa cepat dari BPN. Karena itu saya ucapkan terima kasih ke BPN,” kata Ridwan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan