BPJS Tingkatkan Pelayanan Melalui Aplikasi

BANDUNG – Untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan semesta 2019 di Jawa Barat, Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kedeputian Wilayah Jawa Barat (Jabar) akan melakukan berbagai upaya perbaikan.

Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat, Mohammad Edison mengungkapkan, terhitung hingga 1 Juni 2018, kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Wilayah Kedeputian Jawa Barat terhitung 1 Juni 2018 telah mencapai 24.217.866 jiwa atau sekitar 76 persen dari jumlah penduduk di wilayah kerja Kedeputian Jawa Barat yang mencapai 31.841.389 jiwa.

“Peserta tersebut berasal dari berbagai segmen termasuk penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah melalui Integrasi Jamkesda. Dari 22 Kabupaten/Kota yang masuk menjadi bagian Wilayah Kerja Kedeputian Jawa Barat, tercatat seluruh Kabupaten/Kota tersebut telah mengintegrasikan Jamkesdanya ke Program JKN-KIS,” ungkapnya, di acara Media Gathering dengan tema ‘Optimis Menuju Universal Health Coverage 2019’ di Tjendana Bistro Jalan Sukajadi Atas, Kota Bandung, Jumat (22/6).

Menurut Edison, meski saat ini untuk mencapai UHC pada 2019 masih kekurangan sekitar 24 persen, namun pihaknya optimis target tersebut bisa tercapai. Pasalnya Edison mengaku pihaknya sudah berupaya melakukan berbagai cara sejak awal 2017, salah satunya dengan melanjutkan sesuatu yang positif dan menggrate sesuatu yang baru seperti aktif berkoordinasi dengan pihak pemerintah, baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan juga pemerintah daerah.

“Salah satunya kita koordinasi dengan Disnaker dan Kejaksaan. Kita ada semacam forum di Kota dan Kabupaten dan provinsi, jadi jika ada perusahaan yang belum complain dengan alasan bajet maka kita akan laporkan secara bertahap,” ujarnya.

Tidak hanya itu, BPJS Kesehatan sebagai Badan Hukum Publik saat ini yang menjadi tumpuan masyarakat dalam hal penjaminan kesehatan akan melibatkan peranan Media dalam penyebaran informasi yang sangat sentral.

“Media adalah rekan dan jembatan dari BPJS Kesehatan untuk menyampaikan informasi dan progres Implementasi JKN yang dikelola BPJS Kesehatan kepada Masyarakat khususnya di wilayah Jawa Barat. Untuk itu BPJS Kesehatan dalam perjalanannya akan selalu menjaga sinergi dan kerjasama dengan media” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya pihak BPJS Kesehatan akan selalu menjaga komunikasi yang baik antara BPJS Kesehatan dengan Media. Hal itu dilakukan agar dapat tercapainya Universal Health Coverage 2019, serta mewujudkan program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan