BPJS Kesehatan Bidik UHC Cimahi 2019

CIMAHI – Bergulirnya program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berdampak terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Program JKN-KIS membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk mendapat jaminan pelayanan kesehatan.

Secara bertahap, Program JKN-KIS terus berkembang pesat hingga kini, dan bergerak menuju cakupan semesta. Upaya dan kerja keras senantiasa dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Cimahi guna tercapainya Universal Health Coverage (UHC) pada 1 Januari 2019.

AJAK KERJASAMA: Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan
Balai Pelayanan Pengawasan Ketenagakerjaan Wil IV Jabar

”Pencapaian kinerja Program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Cimahi sendiri yang mencakup Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat, juga terus mengalami peningkatan. Sampai dengan Februari 2018, jumlah peserta JKN-KIS di wilayah Kota Cimahi mencapai 452.688 jiwa dari total penduduk 531.393  jiwa atau sekitar 85,20 persen telah menjadi peserta. Dan di wilayah Kabupaten Bandung Barat mencapai 959.086 jiwa dari total penduduk 1.600.936  jiwa atau sekitar 59,90 persen telah menjadi peserta,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Yudha Indrajaya.

SINERGIS: Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Perpanjangan
Integrasi Jamkesda 2018 ke program JKN-KIS bersama Dinkes Cimahi.

Pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Saat ini Kantor Cabang Cimahi telah bermitra dengan  126 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 45 Puskesmas, 11 Dokter Praktik Perorangan, 3 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 60 Klinik Pratama, dan 7 Klinik TNI/Polri. Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi juga telah bekerja sama dengan 25 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 12 Rumah Sakit, 10 Apotek/Instalasi Farmasi, serta 4 Optik.

KOMPAK: Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BPJS
Kesehatan Cabang Cimahi dengan BAZNAS Kota Cimahi.

Tidak hanya sosialisasi kepada para peserta PPU dan peserta PBPU atau yang biasa disebut peserta mandiri saja, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi juga banyak menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti Pemerintah, swasta dan juga elemen masyarakat lainnya.

Percepatan implementasi JKN-KIS ditahun 2018 melalui Perjanjian Kerjasama (PKS) diantaranya dengan BAZNAS Kota Cimahi, rutin berkoordinasi dengan Kejaksaan, dan melaksanakan kegiatan lapangan bersama Pengawas Ketenagakerjaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan