BNN Gulirkan Tes Urine bagi Guru di Sekolah

NGAMPRAH– Badan Nar­kotika Nasional (BNN) Kabu­paten Bandung Barat akan melakukan tes urine terhadap sejumlah guru di Kabupaten Bandung Barat. Tes urine dilakukan dalam rangka Pen­cegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Pere­daran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan pendidikan.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyara­kat pada BNN KBB, Ferri Ira­wan menjelaskan, lingkungan pendidikan juga menjadi pro­gram BNN agar terhindar dari narkotika. Menurut dia, secara bertahap para guru tersebut akan di tes urine lantaran jumlah guru yang sangat banyak.

“Lingkungan pendidikan memang masuk bidikan pro­gram kami. Tes urine ini kita mulai dari guru di SMPN. Namun, sebelum itu, mulai dari guru siswa dan orang tua siswa, secara bertahap kita juga akan berikan pemapa­ran terkait bahaya narkoba ini. Termasuk yang menyang­kut segi rehabilitasi dan aspek hukumnya,” katanya di Ngam­prah, kemarin.

Ferri mengungkapkan, jika memang ada guru yang me­rasa positif menggunakan narkoba, maka sebaiknya guru tersebut melaporkannya ke BNN. Sebab, kata dia, jangan sampai para guru tersebut terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh petugas BNN.

“Bukan hanya guru, terma­suk jika ada keluarga dan kerabat yang terindikasi me­makai narkoba tinggal lapor­kan saja ke kami. Jika mereka lapor, paling langsung akan direhabilitasi. Sebaliknya, jika tak lapor dan positif meng­gunakan narkoba, justru itu akan ada penegakkan hukum,” terangnya.

Ferri melanjutkan, bahwa lingkungan pendidikan, merupakan sasaran prioritas BNN Bandung Barat dalam mencegah peredaran nar­koba. Bahkan, di setiap se­kolah di KBB saat ini sudah ada satgas anti narkoba yang langsung diketuai oleh ke­pala sekolah.

“SK sudah dipegang oleh para kepala sekolah. Itu untuk mencegah peredaran nar­koba bagi siswa dan guru itu sendiri,” ujarnya.

Ferri juga menambahkan, hampir seluruh sekolah di KBB sudah mendapatkan penyuluhan atau sosialisasi oleh BNN KBB. Dia berharap dengan intens melakukan P4GN, maka lingkungan se­kolah bisa terbebas dari narkoba.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan