BKSDA Lepas Macan Tutul

BANDUNG – Macan tutul yang sempat tersesat di kandang ayam milik warga di Pangalengan, Kabupaten Bandung, akhirnya dilepasliarkan ke alamnya. Saat ini kondisi hewan bernama latin Panthera pardus melas sudah sehat setelah menjalani perawatan di Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) beberapa waktu.

”Setelah menjalani pemulihan selama kurang lebih 17 hari, maka dinyatakan bahwa macan tutul sudah layak untuk dikembalikan ke rumahnya,” kata Kepala Bidang KSDA Wilayah II (Soreang) Memen Suparman di Bandung Zoo Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jabar, kemarin (21/6).

Dia mengatakan, saat ini kondisi macan tutul sudah jauh lebih baik dibanding pertama kali ditemukan di kandang ayam warga. Saat itu, katanya, kondisi fisik macan tutul terbilang memprihatinkan. ”Secara fisik bisa dilihat saat datang kondisinya kurus. Waktu itu juga sakit dan tidak bersuara,” kata Memen.

Kepala Kesehatan dan Penelitian Kebun Binatang Bandung, Dedi Trisasongko, hasil pemeriksaan secara fisik yang dilakukan pada 20 Juni 2018 terhadap macan tutul tersebut telah berangsur pulih. ”Setelah diberikan makan berupa campuran daging ayam sebanyak 2 kilogram dan daging sapi sebanyak 1 kilogram setiap harinya, semua habis termakan. Juga setelah diberikan multivitamin untuk mempertahankan daya tahan tubuh, kondisi kesehatan secara umumnya sudah baik,” papar Dedi.

Menurut Dedi, kondisi satwa tersebut sudah aktif dan menunjukkan respons baik dan siap dilepasliarkan. ”Nafsu makan baik, juga kondisi feses berbentuk, dan awalnya yang tidak bisa mengaum sekarang sudah bisa. Kami berusaha segera melepasliarkannya karena insting berburu di alam liarnya tidak hilang,” sambung Dedi.

Macan tutul tersebut dikirim ke Bandung Zoo setelah dievakuasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) dari kandang ayam warga di Pangalengan pada Senin (4/6) lalu.

Sebelumnya, warga Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung digegerkan dengan kemunculan macan tutul. Hewan yang mempunyai nama latin Panthera Pardus ini terjebak di dalam kandang ayam. Dia memangsa tiga ekor ayam dan dua ekor itik.

Macan tutul masuk pemukiman dari pihak keamanan setempat, Minggu (3/6) lalu. Macan tutul tersebut diperkirakan masuk dan terperangkap dalam kandang unggas pada malam hari sebelumnya. Macan tutul telah memangsa 3 ekor ayam dan 2 ekor itik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan