Besok, Kompetisi Pemuda Inspiratif Digelar di Kota Bandung

BANDUNG – Kompetisi Pemuda Inspiratif yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, terus belanjut. Pada Sabtu-Minggu 3-4 November 2018 kegiatan tersebut akan berlangsung di lapangan Gasmin Kota Bandung.

Kegiatan itu merupakan bentuk janji pemerintah dalam Nawacita Pesiden Joko Widodo. Kegiatan tersebut akan digelar di 8 provinsi dan 16 kota di Indonesia.

Kegiatan ini akan mengumpulkan 1.000 pemuda berprestasi berusia 16 hingga 30 tahun di setiap kota. Tujuan kegiatan Pemuda Inspiratif 2018, untuk mencari para pemuda kreatif dan punya prestasi.

Dengan ide dan prestasinya, dapat membuat inspirasi bagi masyarakat. Ini juga untuk memacu kreativitas masyarakat atau pemuda yang punya potensi untuk berkembang. Untuk kegiatan utama ini, tim juri akan memilih dua peserta terbaik yakni 1 orang putra dan 1 orang putri untuk setiap kota. Nantinya kedua peserta terbaik ini akan dikirim ke Banten untuk bersaing di tingkat nasional.

Ada 9 kategori yang akan dilombakan oleh para peserta yaitu pariwisata, lingkungan, olahraga, musik, teknologi, wirausaha, pendidikan, kesehatan, dan pertanian. Peserta bebas  memberikan ide, konsep, gagasan, atau bahkan produk yang berkaitan dengan salah satu kategori tersebut.

Nantinya penampilan peserta akan dinilai oleh juri. Bagi 1 putra dan 1 putri terbaik di setiap kota akan dikirim mengikuti penyisihan nasional untuk memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan.

Selain itu, kegiatan ini hadir di tengah-tengah masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan persatuan pemuda terhadap kebhinekaan, menjadikan kreativitas sebagai tembok pemerkokoh persatuan dan kemajuan bangsa, memberikan dampak berupa semangat patriotisme terhadap NKRI.

Dengan berdasar Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan, kegiatan itu akan ditujukan kepada warga negara Indonesia dengan rentan usia 16-30 tahun. Kegiatan Pemuda Inspiratif 2018 akan dikemas dengan kekinian, kreatif, patriotik, gembira, massal, kompetitif, dan tak terupakan.

Lebih spesifik kegiatan ini menyasar ke dalam 5 bidang, yaitu kemajuan bangsa, kecintaan NKRI, semangat patriotisme, persatuan pemuda, kebudayaan.

Selain kegiatan utama, tim panitia Pemuda Inspiratif juga akan menggelar kegiatan hiburan lainnya, seperti lomba Paskibra dan kompetisi band.

Panitia Pemuda Inspiratif, Fitri Intan Sari mengatakan, nantinya seluruh peserta akan dinilai oleh juri yang berkompeten. Dia berharap setiap peserta harus tampil kompetitif saat mempresentasikan ide kreatifnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan