Berkat Perubahan Taktik di Akhir Laga

JAKARTA – Strategi parkir bus yang dimainkan Song Lam Nghe An (SLNA) FC dalam laga grup H AFC Cup 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, tadi malam sempat bikin Persija Jakarta frustasi. Tapi, striker pengganti  Addison Alves akhirnya jadi penentu kemenangan Persija 1-0.

Striker Persija Marko Simic yang menjadi target man sempat kesulitan dan frustasi dalam laga tadi malam. Tercatat, tiga tandukannya gagal membuahkan gol. Pengawalan ketat dari bek lawan juga membuat mantan pemain timnas U-21 Kroasia itu kesulitan.

Semakin membuat para pemain Persija frustasi lantaran kebiasaan para pemain SNLA mengulur waktu. Kiper SNLA Vo Ngoc Duc beberapa kali terjatuh dan mengeluh sakit sehingga membuang banyak waktu.

Pada babak kedua, pelatih Persija Stefano Cugurra akhirnya melakukan perubahan. Addison Alves dimasukkan menggantikan Rohit Chand pada menit ke-58 dan Bambang Pamungkas menggantikan Rudi Widodo (77′). Skema permainan pun berubah dari 4-3-3 menjadi 4-4-2.

Pola serangan pun berubah. Semula hanya mengandalkan sayatan Riko Simanjuntak melalui sayap, akhirnya punya opsi dari tengah melalui Bambang Pamungkas yang berada di belakang duet striker Addison dan Simic. Dan puncaknya pada menit ke-90+3 Addison mencetak gol penentu kemenangan.

Dengan kemenangan itu, maka Persija sekarang mengemas tujuh poin. Artinya, sama banyak dengan SNLA dan Johor Darul Ta’zim yang tadi malam menang atas Tampines Rivers FC 2-1. ’’Ya peluang kami masih ada, poin memang sama dengan Vietnam (SLNA). Tapi, kami memang head-to-head. Kami akan terus konsentrasi di dua laga sisa,’’ kata Pelatih Persija Stefano Cugurra.

Pelatih yang disapa Teco tersebut mengatakan, lawan memang tidak datang ke Jakarta dengan ambisi menang. Mereka menargetkan satu angka. ’’Lihat mereka, jatuh untuk ulur waktu. Tapi, untung saja pemain kami masih konsentrasi dan kerja keras,’’ paparnya.

Dia menjelaskan, perubahan dari skema 4-3-3 ke 4-4-2 efektif. Dia juga menegaskan masuknya Addison dari bangku cadangan yang pada tiga laga AFC Cup sebelumnya selalu dimainkan jadi starter sangat mengubah permainan tim.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan