Berkarya dengan Arduino, Belajar jadi Ngga Kuno!

101

PEMBELAJARAN prakarya tahun pertama di SMP saat ini sangat berbeda, terutama pada metode penyampaian dan juga alat praktikum dan proyek yang diberikan. Pasalnya, pelajaran prakarya yang mengusung aspek rekayasa kali ini terdapat pembelajaran mengenai microcontroller dengan arduino. Arduino adalah sebuah kit opensource yang dipakai untuk berbagai keperluan otomasi rumahan ataupun untuk sekedar memenuhi hasrat hobi. Sudah banyak perangkat yang di usung dengan basis Arduino ini. Para penggemar drone misalnya. Banyak yang sudah merancangnya dengan menerapkan arduino sebagai otak system yang bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Ataupun para penggemar robotika, sudah memakai arduino untuk dipakai dalam merancang robot-robot yang tentunya akan sangat berdaya guna.

Materi arduino disampaikan untuk melengkapi metode pembelajaran pada materi produk sederhana dengan teknologi mekanik dalam aspek rekayasa dalam pelajaran prakarya. Dalam materi itu, para peserta didik dikenalkan dengan perkembangan teknologi mekanik, bahan-bahan yang digunakan dalam praktik adalah yang terdapat pada mobil mainan yang mempunyai motor DC. Mobil tersebut kemudian dimodifikasi agar mampu berjalan sesuai dengan perintah yang dimasukan melewati kode-kode program yang kedalam chip di arduino. Mobil mainan yang digunakan sedapat mungkin mobil yang murah meriah, jika memungkinkan adalah mobil mainan bekas. Hal ini menjadi upaya dalam mengurangi sampah untuk di manfaatkan kembali atau daur ulang.

Lihat Juga:  Disdukcasip Buat Inovasi Jaringan Sistem Monitoring

Melihat fenomena yang berkembang saat ini khususnya teknologi dan dunia digital, sebagai guru prakarya perlu memasukan unsur-unsur materi pengetahuan dasar arduino. Terlebih sudah banyak informasi yang para peserta didik dapatkan mengenai perangkat otomasi seperti robot, drone, dan lain sebagainya. Dengan memasukan konten arduino ini menjadikan siswa lebih aktif, kreatif dan inovatif. Tak hanya itu, mereka akan mampu menerapkan kemampuan penggunaan teknologi komputer dalam pembelajarannya, sebab para siswa akan menggunakan laptop ataupun komputer sebagai perangkat memasukan perintah dalam arduino. Sehingga diharapkan dengan memberikan proyek ataupun pembelajaran lebih dekat dengan dunia peserta didik agar lebih cepat diserap dan dipahami. Dengan menggunakan microcontroller ini beberapa keterampilan yang akan peserta didik dapatkan. Diantaranya adalah membuat program dengan menggunakan komputer dan juga kemampuan merancang alat-alat mekanika yang berdaya guna.

Lihat Juga:  Tokopedia Gandeng Pemkot Bandung

Perangkat microcontroller sudah banyak bertebaran dan dekat dengan kita. Salah satunya adalah saat kita menggunakan lift dalam gedung, atau pintu otomatis dalam sebuah mall. Semua itu hadir dengan ada microcontroller didalamnya, dan salah satunya adalah arduino. Selain itu, banyak otomasi rumahan misalnya untuk membuka pintu secara otomatis dengan kode angka, sensor suara atau sensor cahaya yang menggunakan arduino.

Para peserta didik diberikan pengetahuan bagaimana cara menggunakan ataupun mengaktifkan arduino dan mengenal bagian-bagian didalamnya. Sehingga, mereka mampu mengenal lebih jauh fungsi dari arduino. Salah satunya adalah melakukan test apakah arduino itu bekerja dengan baik atau tidak. Dengan memberikan perintah agar lampu LED yang ada di dalam arduino berkedip sesuai dengan keinginan kita.

Lihat Juga:  Rindu Siap ke Penghulu

Arduino dapat bekerja melalui kode program dalam sebuah komputer dengan mengirimkan perintah-perintah ke dalam program Integrated Circuit yang ada di arduino. Setelah program itu ter-upload, maka perintah tersebut langsung dieksekusi oleh arduino. Dalam hal ini, komputer bekerja sebatas sebagai Interface untuk memasukan perintah-perintah ke dalam arduino itu sendiri.

Dengan penggunaan arduino dalam pembelajaran prakarya, peserta didik dilatih untuk berpikir seperti seorang teknisi. Mereka mampu belajar memecahkan masalah terutama mengenai permasalahan logika-logika komputer dan dunia digital yang ada dalam arduino. Selain itu, mereka juga belajar untuk menuliskan bahasa program komputer. Pembelajaran arduino yang masuk dalam pelajaran prakarya ini menambah pengetahuan peserta didik akan penggunaan teknologi dalam kehidupan manusia. Sehingga penggunaan komputer menjadi lebih aplikatif dan variatif tidak hanya sebatas untuk mengetik dan menggambar saja, atau untuk digunakan sebagai alat untuk operasi hitung semata-mata.***

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.