Berikan Pengetahuan Tentang HIV/AIDS

BALEENDAH – Untuk mengantisipasi penularan penyakit HIV/AIDS. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan menggelar sosialisasi pencegahan agar masyarakat memahami tentang HIV/AIDS ini.

Kegiatan digelar di gedung A lantai dua RSUD Al Ihsan tersebut diikuti ratusan siswa tingkat SMA/SMK se Kabupaten Bandung.
Acara tersebut sekaligus sebagai rangkaian hari jadi Al Ihsan Ke 23 dan Hari jadi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Ke-44.

Wakil Direktur Rumah Sakit Umum dan Daerah Al Ihsan Agus Muharam mengatakan, kegiatan sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman komprehensif tentang HIV/AIDS kepada generasi muda khususnya anak SMA/SMK. Sehingga, mereka mampu menjauhi perbuatan yang dapat menimbulkan terjangkitnya HIV/AIDS.

’’upaya ini terus kita lakukan untuk menekan peningkatan jumlah penderita penyakit menular HIV/AIDS di Jawa Barat’’. jelas Agus ketika ditemui belum lama ini.

Agus menambahkan, penyebaran penyakit HIV/AIDS ini sulit terkontrol, hal itu, karena orang yang sudah terjangkit enggan melakukan pemeriksaan ke dokter. Bahkan, orang tersebut tidak menyadari kalau dirinya sudah terjangkit penyakit yang sampai saat ini belum ada obatnya.

“Sosialisasi untuk pencegahan dan memberi motivasi kepada penderita supaya mau memeriksakan dirinya ke dokter, agar penangan antisipasinya bisa teratasi,” akunya

Selain itu, Agus memaparkan bahwa generasi muda bisa mengetahui bahayanya penyakit HiV tersebut diakibatkan dari hubungan sex bebas dan penggunaan jarum suntik. Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada semua generasi muda kalau hubungan sex bebas dan jarum suntik, sangat beresiko tinggi terkena HIV/AIDS.

“Penularan penyakit mematikan ini di dominasi oleh Hubungan sex bebas dan penggunaan jarum suntik (Narkoba),” Paparnya

Dia berharap, kepada semua unsur masyarakat untuk ikut serta dalam pengawasan dan pencegahan penyakit menular ini terutama terhadap anak remaja. Dengan terus mensosialisasikan bahayanya kalau terjangkit penyakit yang sangat berbahaya itu

’’Mari bersama antisipasi dan cegah penularan penyakit HIV/AIDS dengan pola hidup yang sehat dan menjadi diri dari pergaulan bebas dan narkoba,’’ pungkasnya (rus/jat/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan