Berikan Desain Khusus untuk Presiden Jokowi

NGAMPRAH – Pada acara puncak Hari Disabilitas In­ternasional (HDI) Tingkat Nasional di Kota Bekasi, Senin (3/12) lalu, Rahmat Hidayat,25, warga penyandang disabilitas asal Kampung Ciawitali Desa/Kecamatan Sindangkerta yang memiliki bakat desainer pa­kaian itu memberikan desain baju khusus kepada Presiden RI, Joko Widodo serta Ibu Negara Iriana.

“Pada acara tersebut me­mang Rahmat mendapatkan undangan khusus dari ke­menterian dan bisa bertemu langsung dengan Pak Jo­kowi. Rahmat sendiri yang memberikan langsung desain baju termasuk untuk Ibu Negara,” kata Kepala Dinas Sosial, Heri Partomo di Ngam­prah, Rabu (5/12).

Atas pemberian desain itu, ujar dia, Presiden Jokowi pun terharu dengan bakat dan karya yang dibuat. Atas se­gala usahanya itu, Rahmat mendapatkan apresiasi ber­upa tabungan dari Presiden RI tersebut.

“Untuk nilai nominal ta­bungannya memang kami belum tahu karena kata pen­damping Rahmat, belum sempat mengecek ke bank karena sibuk banyak undan­gan dari sejumlah stasiun televisi nasional,” ujarnya.

Sosok Rahmat, memang belakangan ini mendadak viral di media sosial. Ungga­han foto-foto desain pakaian karyanya di media sosial mendapat pujian dari ribuan warganet. Terlahir dengan keterbatasan fisik tak mem­buat Rahmat berpangku tangan kepada nasib. Justru, dia terus menggali potensi dirinya un­tuk dikembangkan meski tak pernah mengenyam pendi­dikan formal.

“Awal mula mencintai desain fashion ketika menonton film drama Korea berjudul King of Fashion sekitar 10 tahun silam. Film itu bercerita tentang se­seorang yang berjuang mewu­judkan cita-citanya menjadi desainer. Dari situ, saya terin­spirasi untuk melakukan hal yang sama. Kenapa tidak saya coba. Lalu, saya belajar sedikit demi sedikit membuat desain pakaian, dibantu bibi saya yang juga suka menggambar,” kata Rahmat.

Seperti diketahui, berdasar­kan data dari Dinas Sosial Bandung Barat, jumlah kaum disabilitas hingga tahun 2017, ada sekitar 5.676 orang. Ren­cananya, sebanyak 200 warga disabilitas akan mengikuti peringatan HDI tingkat Ka­bupaten Bandung Barat pada Kamis (6/12) di Lembang. Sebanyak 3 dari 20 warga disabilitas berprestasi, akan mendapatkan hadiah umroh dari Pemkab Bandung Barat. Acara tersebut juga akan di­hadiri langsung oleh Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan