Berharap Danau Retensi Cepat Selesai

SOREANG – Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan mengharapkan, pembangunan danau retensi di bekas lahan Kampung Cieunteung, Kelurahan/Kecamatan Baleendah bisa secepatnya selesai. Sebab, saat ini kondisi cuaca sudah memasuki musim penghujan.

Menurut Gun Gun, tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung, yakni Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang dikenal sebagai wilayah terdampak banjir. Akibat, dari tersebut selalu tergenang akibat meluapnya air dari sungai Citarum.

“Tentunya, dengan percepatan danau retensi bisa mengurangi dampak dari musim penghujan dan luapan air dari anak-anak sungai yang bermuara di Citarum. saat musim hujan debit air akan bertambah dan mempengaruhi daerah yang cukup rendah seperti Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang,” ujar Gun Gun saat ditemui di Bojongsoang, Kemarin (30/10).

Selain pengerjaan proyek pembangunan danau retensi oleh Balai Besar Wilaya Sungai (BBWS) Citarum, yang terus dikebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung pun terus berupaya memperbaiki sarana-sarana air dan drainase.

“Untuk sungai besar, tentunya kami meminta kerja sama dan perhatian dari Pemerintah Pusat dan Provinsi, untuk memperbaikinya lebih cepat lagi, apalagi sekarang sudah mulai musim penghujan,” katanya.

Disinggung terkait pembangunan embung yang tengah direncanakan Pemkab Bandung di sejumlah Kecamatan, kata Gun Gun, hal tersebut sudah dipetakan dan sedang dirancang agar bisa segera direalisasikan.

“Kami sudah mengusulkan embung-embung untuk tangkapan air. Bisa berfungsi untuk menampung air dan jadi cadangan air untuk pertanian saat musim kemaray. Itu di Bojongsoang, Majalaya dan Soreang sudah dipetakan. Tapi kerja sama dan perhatian dari pusat juga kami tunggu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, luas embung-embung yang akan dibangun di tiga kecamatan itu lebih kecil dari danau retensi di Cieunteung. “Tapi bisa memecah debit air yang masuk ke Citarum, jadi ditampung dulu, tidak langsung masuk ke sungai,” ujarnya.

Pembangunan danau retensi di Cieunteung, ditargetkan selesai pada Desember 2018 mendatang. Namun, Pemkab Bandung berharap pembangunannya selesai sebelum Desember.

“Pembangunan danau retensi bisa selesai pada desember mendatang, untuk mengantisipasi banjir yang terjadi di wilayah baleendah, dayeuhkolot,” pungkasnya (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan