Bergerak Berikan Sosialisasi Ke Warga

DAYEUHKOLOT – Untuk menciptakan Citarum Harum, Ratusan personil TNI Kodam III/Siliwangi memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan melakukan gotong royong sambil membersihkan Kirmir bantaran Sungai Ciapus.

Prajurit TNI AD mendatangi langsung rumah warga di Kampung Sekeandur, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Dansektor 21 Satgas Citarum Harum, Kolonel Yusep Sudrajat mengatakan, personil diterjunkan di wilayah Subsektor Sungai Ciapus sebanyak 13 orang, diantaranya dari Koramil 0908/Dayeuhkolot sebanyak dua orang, Kesdam III/Slw dua orang, Yonif 315/Garuda sembilan orang.

Selain itu, pihaknya pun menerjunkan tim Gober sebanyak tujuh orang dengan menggelar Kegiatan Karya Bakti dengan sasaran pembersihan kirmir dan bantaran Sungai Citepus di Kelurahan Pasawahan.

Dirinya memaparkan, untuk memberikan pengawasan pihaknya melakukan patroli Sungai Citepus secara rutin sekaligus mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

’’Kami mengumpulkan masyarakat dan tokoh masyarakat, untuk memberikan penerangan ke masyarakat terkait kebersihan lingkungan, dan jangan lagi membuang sampah ke sungai,’’ Jelas yusep ketika ditemui kemarin (13/2).

Dirinya menjelaskan, pembuatan Lubang Cerdas organik (LCO) biofori juga disampaikan kepada masayarakat agar membuat LCO di pekarangan rumahnya. Sebab, LCO memiliki manfaat, yakni mencegah banjir, tempat membuang sampah organik, menyuburkan tanaman, dan meningkatkan kualitas air.

’’Kami sengaja mensosialisasikan LCO, karena LCO adalah lubang biopori yang ditematikan sebagai salah satu alternatif strategi penanganan sampah organik,’’ terangnya.

Dengan begitu lubang biopori disamping bermanfaat sebagai ruang resapan air sekaligus sebagai tempat penampungan sampah organik menjadi kompos. (yul/yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here