Berbagi kepada Ribuan Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

BANDUNG – Sebanyak 2.000 anak yatim dan dhuafa berbuka puasa bersama Rumah Yatim di Taman Gasibu Mini Antapani, Kota Bandung, Rabu (6/6) malam.

Wakil Direktur Utama Rumah Yatim, Abdurrahman mengatakan acara buka bersama 2.000 yatim dan dhuafa ini dibuat dengan konsep sentralisasi kegiatan sebagai simbol terlaksananya program Ramadan 1439 H.

”Kami mengundang ribuan anak yatim yang semuanya berasal dari Bandung,” ujar Abdurrahman di sela kegiatan berlangsung.
Abdurrahman menuturkan terdapat beberapa program unggulan Rumah Yatim pada Ramadan tahun ini. Pertama adalah Ramadan bersama yatim, kedua adalah program iftar dan sahur bersama yatim, ketiga adalah program parcel lebaran untuk yatim, sekaligus lebaran bersama yatim.

Abdurrahman mengungkapkan acara buka puasa bersama 2.000 yatim duafa ini bukan satu-satunya yang digelar. Namun merupakan serangkaian acara nasional yang juga telah dilaksanakan oleh seluruh cabang Rumah Yatim di 14 Provinsi.

”Ini adalah kali pertama kami di cabang Jawa Barat melakukan sentralisasi kegiatan gabungan di tengah kota dengan mengumpulkan anak lebih dari 2.000 orang dalam satu tempat,” ungkapnya.

Biasanya, kata Abdurrahman, ekspedisi Ramadan dilakukan dengan memberikan bantuan untuk buka, sahur, dan juga parcel lebaran ke berbagai daerah di Jawa Barat secara terpisah.

”Ini kami lakukan secara rutin tiap hari sepanjang Ramadan,” lanjutnya.

Saat ini, jumlah anak yatim yang dibina Rumah Yatim sebanyak 60.375 orang. Sekitar 30 persen tinggal di Jabar. Dari jumlah tersebut, yang tinggal di asrama hanya sekitar satu persen atau 325 anak.

”Jumlah muzzaki sendiri ada hampir 700 ribu orang. Alhamdulillah donatur terus tumbuh sejalan dengan pertumbuhan anak yatim. Tumbuhnya, donatur sekitar 35 persen,” tutur Abdurrahman.

Manager Area Rumah Yatim Jawa Barat, Deni Rustandi, mengatakan biasanya ia memberikan bantuan setiap titiknya di satu kampung atau RW tidak kurang dari 350 paket secara roadshow setiap harinya. Acara buka pun dimeriahkan dengan Game edukatif dan interaktif berhadiah parcel lebaran.

Dalam sehari, kata dia, total bantuan paket iftar dan sahur seluruh cabang Rumah Yatim tidak kurang dari 3.500 sampai 5.000 paket makanan untuk anak dan masyarakat tidak mampu di 14 Provinsi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan