Bentrok Suporter, Laga Persija vs Persebaya Ditunda

jabarekspres.com – Duel klasik antara Persija Jakarta menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Sultan Agung Bantul, pada Minggu (3/6) dipastikan ditunda. Atas kesepakatan antara pihak kepolisian dengan panita pelaksana pertandingan.

Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto mengatakan, keputusan itu diambil untuk menghindari bentrokan yang lebih besar. “Demi keamanan untuk menghindari bentrokan. Ini kesepakatan dengan Panpel,” katanya, Minggu (3/6) malam.

Dikatakan pula, pihaknya telah menyiapkan kendaraan berupa truk untuk mengangkut para suporter. Ke wilayah-wilayah perbatasan supaya tidak menimbulkan kericuhan di wilayah Jogjakarta.

Ia menyebut, sejak Minggu (3/6) siang sudah terjadi bentrokan di kompleks Stadion Sultan Agung. Setidaknya ada 10 korban yang terluka ringan akibat peristiwa ini. “Kericuhan pas lempar-lemparan, luka ringan,” ucapnya.

Sementara, dari data yang didapat di lapangan, ada sedikitnya 20 orang terluka di kompleks Stadion. Mereka harus dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Bantul, Aditya Hutama Putra, mereka yang luka paling banyak karena terkena tembakan gas air mata. Luka sabetan benda tajam pun juga ada. “Ada tangannya yang patah. Kami menempatkan petugas di tiga lokasi berbeda,” ucapnya.

Dari pantauan di lapangan, sekitar pukul 19.00 WIB, kedua kubu suporter masih saling menyerang. Petugas gabungan dari kepolisian maupun TNI pun terus memberikan peringatan.

Sejam kemudian, suasana sudah mulai kondusif. Truk-truk dari kepolisian berangsur mengangkut para suporter menjauh dari stadion. (dho/JPC)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan